Tingkatkan Pemahaman Hukum Humaniter, Kasdam IX/Udayana Tutup Kegiatan SWIRMO

Sabtu, 26 November 2022, 17:21 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Badung - Kegiatan Senior Workshop on International Rules governing Military Operations (SWIRMO) ke 15 secara resmi ditutup Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M (Han) bertempat di Hotel Grand Hyatt, kawasan ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Sabtu (26/11/2022).

Lokakarya SWIRMO ke-15 dari tanggal 20 -26 November 2022, yang digelar tersebut merupakan sarana dalam menyebarluaskan pemahaman yang baik tentang Hukum Humaniter Internasional (HHI) di kalangan perencana operasi militer di seluruh dunia guna meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan oleh perang terhadap kemanusiaan.

Dalam acara tersebut, Kasdam mewakili Pangdam IX/Udayana telah membacakan amanat Panglima TNI dengan mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan Lokakarya Senior Workshop On International Rules Governing Military Operations (SWIRMO) Yang Ke-15 TA. 2022 secara interaktif dan dalam suasana yang penuh persahabatan tanpa adanya suatu halangan apapun yang berarti. 

Kegiatan Lokakarya SWIRMO ini sangat positif dan tidak hanya bermanfaat untuk memperdalam pemahaman terkait Hukum Humaniter internasional terutama dalam penerapannya di operasi militer, namun sangat bermanfaat bagi kehidupan dan martabat umat manusia yang terjebak dalam peperangan dan situasi kekerasan lainnya.

“Penguasaan pengetahuan dan juga keterampilan dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip utama dari hukum humaniter internasional, merupakan aspek penting yang diperlukan guna memastikan adanya perlindungan terhadap Hak Asasi penduduk sipil yang terjebak di dalam peperangan dan situasi kekerasan bersenjata lainnya," ujar Panglima TNI.


Mengakhiri amanatnya Panglima TNI berharap, kepada seluruh peserta Swirmo dapat mengimplementasikannya setelah mendapatkan cukup banyak kesempatan dan memperdalam serta saling berbagi pengalaman dan pemahaman tentang penerapan Hukum Humaniter Internasional melalui penyelenggaraan SWIRMO pada tahun ini, yang digelar di Bali. 

“Selamat menempuh perjalanan pulang kembali ke negara peserta masing-masing dalam keadaan selamat dan sampai bertemu kembali di program-program ICRC selanjutnya, selamat bertugas, semoga kegiatan di Bali yang singkat ini dapat memberikan kenangan manis," tutur Panglima TNI.

Untuk diketahui ICRC atau International Committee of the Red Cross adalah Komite International Palang Merah yang merupakan suatu lembaga kemanusiaan yang berbasis di Jenewa Swiss. ICRC telah mendapatkan mandat dari hasil Konverensi Jenewa 1949 dan Protokol Tambahan 1977 dan 2005 yang merupakan salah satu dari tiga komponen sekaligus cikal bakal Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit untuk melindungi korban konflik bersenjata internasional dan non-internasional termasuk korban luka dalam perang, tawanan, pengungsi, warga sipil dan non kombatan lainnya. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kababinkum TNI, Mayjen TNI DR. Agus Dhani MD.,  S.H., M.Hum., Waka Babinkum TNI Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LL., M., Ph.D., Kabidkuminterham Babinkum TNI, Kakumdam IX/Udayana, Kaotmil III-13 Denpasar, Kasubbidpinakdukkum Biddukkum Babinkum TNI, Kepala Unit Hubungan dengan Angkatan Bersenjata ICRC, Wakil Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste, dan para perwakilan peserta SWIRMO dari 85 negara.*

(Arifin/Lilik/PendamIX/Udayana)

TerPopuler