Sertu Ribut Berikan Wasbang dan PBB, Ini Beritanya

Jumat, 02 Desember 2022, 09:53 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Pendidikan latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) merupakan awal dari pembentukan sikap dan disiplin pada diri seseorang, tentunya harus ditanamkan edukasi sejak dini sehingga mempunyai perilaku yang berkarakter.

Sehingga hal itu bisa terpupuk dan berkembang menjadi pribadi yang tangguh, serta dapat membentuk karakter pelajar yang disiplin, jujur, berbakti, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI.

Hal tersebut dikatakan Sertu Ribut anggota Koramil 0820/14 Besuk saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa siswi di lapangan olah raga SMPN 1 Besuk Kecamatan Besuk Probolinggo, Jumat (02-12-2022).
                             

Menurut Sertu Ribut, para pelajar tersebut, diberikan pelatihan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan juga diberikan pemahaman tentang Wawasan kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan tentang bagaimana cara bela negara yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Kepada para siswa juga ditanamkan jiwa nasionalisme dan pemahaman tentang pentingnya melakukan penghormatan pada lambang-lambang negara, seperti kepada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yaitu bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia," tutur Sertu Ribut.

Dalam kegiatan tersebut Sertu Ribut mengatakan kepada siswa siswi SMPN 1 Besuk yaitu materi tentang empat pilar kebangsaan, yaitu tentang pengertian dan pemahaman Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, bersikap disiplin, rapi dalam berpenampilan, karena untuk menjadikan bagian pendidikan yang berkarakter pada generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa dimasa depan.

"Pembekalan wasbang ini sangatlah diperlukan untuk diberikan kepada generasi muda yang diharapkan bisa menjadi jembatan dalam kesinambungan kepemimpinan nasional kelak, agar mereka mendapatkan ilmu dan mengerti tentang sejarah perjuangan bangsa dan agar nantinya mereka sebagai penerus bangsa ini, turut ikut mengisi dan mewarnai kemerdekaan dalam pembangunan bangsa sesuai dengan amanat undang- undang," imbuhnya.

Setelah memberikan wasbang, Sertu Ribut memberikan pelajaran lapangan sebagai implementasi materi kedisiplinan dan kerja sama serta jiwa korsa antar sesama Siswa-siswi SMPN 1 Besuk, yaitu materi PBB, untuk membentuk kedisiplinan, jiwa korsa dan kebersamaan, bagi Pelajar SMPN 1 Besuk, Kabupaten Probolinggo.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button