Kabintaljarahdam Beri Materi Pada Forum Dialog Kerukunan Umat Beragama Maluku

Rabu, 11 Januari 2023, 19:25 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura yang diwakili oleh Kabintaljarahdam XVI/ Pattimura Kolonel Inf. Jocky Pesulima memberikan paparan materi pada Dialog Kerukunan Beragama bertempat di Hotel Grand Avira, Ambon, Rabu (11/01/2022). 

Bertemakan "Mewujudkan Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat" acara tersebut dilaksanakan dalam rangka menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmonis, damai dan seimbang, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, bermasyarakat, bernegara maupun kehidupan beragama.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Abdullah Latuapo.

Dalam sambutannya, Latuapo mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku, Biro SDM Polda Maluku dan Ketua FKUB Maluku.

"Mudah-mudahan pertemuan kita kali ini dan seterusnya dapat membawa kebermanfaatan dalam rangka mencari solusi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi di daerah- daerah," harap Ketua FKUB. 

Lebih lanjut dikatakan Ketua FKUB juga menyampaikan, terima kasih kepada seluruh pihak yang turun langsung ditengah masyarakat untuk melakukan pembinaan.

"Saya berharap tak hanya FKUB Maluku saja tetapi mempunyai perpanjangan tangan dan kaki hingga ke tingkat Kabupaten untuk memberikan pembinaan, mengatasi permasalahan yang terjadi di kampung- kampung kita," tandasnya. 


Memasuki sesi pertama, materi di isi oleh beberapa pembicara, salah satunya adalah Kabintaljarahdam Kolonel Inf. Jocky Pesulima dengan materi, 
"Moderasi Beragama Perspektif Pertahanan dan Keamanan Nasional". 

Dalam paparannya, Kabintaljarahdam menjelaskan, toleransi umat beragama di Maluku dan potensi -  potensi yang ada di Maluku. 

Kabintal juga menyinggung soal potensi yang belum terkelola secara maksimal, seperti sektor perikanan dan hasil alam seperti cengkeh dan pala. 

"Pertama tingkatkan hubungan dengan Tuhan YME , menjaga hubungan antar manusia, mengubah lawan menjadi kawan. Kawan menjadi saudara, jangan dendam curiga dan berkelahi," tutur Kabintal memberikan pesan- pesan. 

Tak hanya Kabintaldam, sejumlah tokoh agama juga turut memberikan materi, diantaranya Ketua MUI Provinsi Maluku, Ketua Uskup Diosis Amboina, Ketua Walubi, dan Ketua Parahisada Hindu Dharma Indonesia - Maluku. 

Adapun para peserta yang hadir dalam kegiatan ini dari FKUB Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Kesbangpol Provinsi, Kota dan Kabupaten serta Kemenag Provinsi, Kota dan Kabupaten.*

(ATM- MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button