Kodim 1507/Saumlaki Dirikan Posko Terpadu PB KKT Hingga Tingkat Koramil

Rabu, 11 Januari 2023, 17:34 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Reaksi cepat penanganan korban pasca gempa tektonik 7,9 Scala Richter yang mengguncang seluruh Desa dan Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Rabu (11/01/2023).

Dilakukan oleh Kodim 1507/Saumlaki dengan membuat Posko Terpadu Penanggulangan Bencana hingga menyiagakan tim dan memerintahkan para Danramil jajarannya untuk menggerakkan Babinsa membantu memperbaiki kerusakan warga terdampak gempa. 

Dandim 1507/Saumlaki Letkol. Inf. Didik Teguh Waluyo selaku Dansatgas PB Terpadu TNI-Polri dan Pemda KKT saat memimpin apel gelar pasukan penanggulangan bencana alam di Makodim 1507/Saumlaki, Jalan Ir. Soekarno, Kelurahan Saumlaki, Kecamatan  Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengatakan, bersama Polres, Lanal, Batalyon 734 SNS, Brimob dan Institusi lainnya.

"Kami melaksanakan perintah Pangdam XVI/Pattimura, segera bentuk dan siapkan posko terpadu di kantor Kodim 1507/Saumlaki, hingga tingkat koramil, dengan harapan dapat langsung menjangkau mayarakat terdampak bencana serta memantau perkembangan situasi di lapangan,” jelasnya.


Terdapat beberapa titik Sub Posko Penanggulangan Bencana yaitu di Lokasi Posko Koramil 1507- 01/Larat, Kecamatan Tanimbar Utara dengan Lokasi terdampak pada dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kormomolin, Kecamatan Warlabobar Kecamatan Molomaru dan Kecamatan Nirunmas.

Kemudian Posko Koramil 1507-02/Saumlaki Kecamatan Tanimbar Selatan dengan Lokasi terdampak pada Kecamatan Tanimbar Selatan, Kecamatan Wertamrian. Terakhir Posko Koramil 1507-03/Saumlaki Kecamatan Selaru dengan Lokasi terdampak pada Kecamatan Selaru.

Dandim juga mengintruksikan jajaranya khususnya Babinsa, selain sigap dan tanggap segera untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana tetapi juga memonitor perkembangan situasi yang terjadi di lapangan.

Pada saat ini dilakukan pembersihan jalan dan pembersihan puing-puing rumah warga yang runtuh, TNI-Polri bersama warga masyarakat lainnya.*

(ATM - MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler

> Whatsapp-Button