Pengerjaan Drainase di Kelurahan Sungai Nibung Jadi Sorotan Warga

Selasa, 10 Januari 2023, 17:08 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Pengerjaan Drainase di Kelurahan Sungai Nibung Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) Provinsi Jambi diduga asal jadi. Hal itu dibuktikan dengan kondisi pekerjaan yang terlihat tak rapi dibeberapa bagian fisik drainase tersebut.

Pantauan Snipers.news pada Senin 9 Januari 2023, beberapa titik dari dinding drainase tampak kurang rapi dan juga Sudah menimbulkan keretakan, yang diduga tidak sesuai dengan spack.

Ironisnya, dana yang bersumber dari APBD-P Tahun Anggaran 2022 Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), dengan pelaksanaan CV. Sri Sahari tersebut tidak mencantumkan perusahaan pengawas pada papan plank.

Tak hanya pengawas, pada papan plank proyek itu juga tidak dicantumkan besaran nilai dari pengerjaan tersebut. Sehingga, ini menjadi pertanyaan besar, apakah lupa mencantumkan ataukah sengaja disembunyikan.


Seharusnya, papan plank dibuat bertujuan untuk menciptakan transparansi. Dan, dengan adanya papan plank, seluruh elemen masyarakat dapat mengetahui besaran anggaran yang digunakan untuk biaya pengerjaan proyek yang bersumber dari dana pemerintah.

Disampaikan oleh salah seorang warga yang berada di lokasi, mereka sebenarnya sangat bersyukur atas terealisasinya pembangunan drainase tersebut, namun dari pengerjaannya mengecewakan.

"Kami sebenarnya sangat bersyukur, komplek perumahan ini dibangunkan drainase oleh pemerintah daerah. Hanya saja, saya menilai secara kasat mata pekerjaan drainase ini sangatlah tidak rapi," keluh warga tersebut, saat disambangi awak media.


Diungkapnya juga, kondisi fisik drainase tersebut terlihat dan terkesan asal jadi, serta pengerjaannya tidak rapi. Hal itupun membuat warga kecewa.

"Abang lihat ini, kerjaannya berliku dan ada beberapa titik yang sudah retak dan banyak besi yang keluar, tentunya sangat membahayakan warga terutama anak-anak," ujarnya kesal.

Ia sangat mengharapkan adanya perhatian dari pihak dinas, konsultan pengawas dan rekanan, agar merapikan kembali pekerjaan drainase.

"Ini besinya banyak yang keluar. Bahaya ini bagi anak-anak. Tolonglah kepada pihak yang menangani pekerjaan ini, agar segera merapikan dan memperbaiki pekerjaan tersebut," tandas warga, yang namanya enggan dipublikasikan.*

(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button