Personil Gabungan Polsek dan Polres Bangli Serta Instansi Terkait Evakuasi Pohon Beringin Yang Tumbang

Friday, January 27, 2023, 14:12 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Bangli - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Bangli membuat sebuah Pohon beringin tumbang dan melintang dijalan yang mengakibatkan kemacetan arus lalulintas.

Saat mendapat Informasi ada Pohon beringin yang tumbang dari Masyarakat Personil Polsek Bangli dipimpin Pawas Ipda I Nyoman Wina langsung menuju lokasi dan melihat pohon beringin telah melintang dijalan dan menutupi badan jalan sehingga mengakibatkan arus lalin jurusan Bangli - Tembuku menjadi tersendat, di Jalan Erlangga Bangli tepatnya di sebelah utara Pura Dalem Selaungan, Kelurahan Cempaga, Kecamatan/Kabupaten Bangli, Kamis petang (26/01/2023) sekira pukul 18.45 Wita.

Pada kesempatan tersebut personil gabungan Polres Bangli dan Polsek Bangli dipimpin Kabag Ops Polres Bangli Kompol I Ketut Maret, S.H., didampingi Pawas Polsek Bangli Ipda I Nyoman Wina bersinergi dengan BPBD Kabupaten Bangli dan PLN Bangli serta dibantu warga masyarakat Kelurahan Cempaga melaksanakan pemotongan Pohon beringin yang tumbang dengan menggunakan sensor, kapak dan peralatan lainnya.

Sementara kegiatan pemotongan dan pembersihan pohon beringin yang tumbang di jalan jurusan Bangli - Tembuku, dihentikan sementara karena keterbatasan alat mengingat pohon beringin cukup besar dan belum bisa dievakuasi dan evakuasi akan dilanjutkan pagi ini menunggu alat berat dari BPBD Provinsi Bali. Sehingga jalan belum bisa dilalui kendaraan baik R2, R4 dan R6.

Untuk sementara dilakukan rekayasa / pengalihan arus lalin lintas melalui jalur Pura Dalem Pingit dan Tamansari.

Atas kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan material.


Pada kesempatan tersebut, Pawas bersama anggota juga memberikan himbauan kepada warga untuk tetap waspada terkait dengan cuaca ekstrim (Hujan deras yang disertai angin kencang) yang terjadi akhir-akhir ini serta mengurangi intensitasnya bepergian keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak.

Dalam proses pemotongan dan pembersihan pohon beringin yang tumbang ditinjau oleh Waka Polres Bangli Kompol I Nyoman Gatra, S.H., M.H., dan Kepala BPBD Kabupaten Bangli Drs. I Wayan Wedana.

Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika, S.H.,S.I.K., melalui Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H., M.H., saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa setelah mendapati informasi adanya ranting pohon tumbang melintang dan menutup  jalan sehingga mengganggu pengendara yang lewat, anggota yang sedang patroli langsung menuju ke lokasi kejadian.

“Anggota di pimpin Pawas bertindak cepat bersama-sama dengan warga setempat memotong dan membersihkan pohon beringin yang tumbang. Untuk sementara Pohon beringin yang tumbang belum bisa dievakuasi mengingat pohonnya cukup besar dan keterbatasan alat serta kegiatan evakuasi akan dilanjutkan hari ini, sehingga untuk sementara dilaksanakan pengalihan arus lalulintas karena kendaraan belum bisa lewat," jelas Kapolsek.

"Penyebabnya pohon beringin yang tumbang diduga akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dari sore kemarin. Setelah diadakan pemotongan dan pembersihan dahan serta rantingnya, sementara jalan belum bisa dilewati mengingat pohon beringin cukup besar dan keterbatasan alat, sehingga kegiatan evakuasi akan dilakukan hari ini sambil menunggu alat berat dari BPBD Provinsi Bali," imbuhnya 

“Diharapkan warga untuk selalu berhati-hati utamanya saat seperti saat ini, hujan disertai angin bisa datang tiba tiba, sehingga perlu mewaspadai terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang,” pungkas Kompol Made Dwi Puja Rimbawa, S.H., M.H.*

(Lilik/Hms)

TerPopuler