Pohon Tumbang, Babinsa Pohsangit Kidul Sigap Bersama Warga Evakuasi

Senin, 02 Januari 2023, 10:53 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Babinsa Kelurahan Pohsangit Kidul, Serma Rudianto membantu penebangan pohon yang tumbang menimpa rumah warga di Jln. Brantas RT.01/RW.02 Kelurahan Pohsangit Kidul Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Senin (02/01/2023).

Dikatakan Serma Rudianto, berawal dari dirinya mendapat laporan dari Ketua RT.01/RW.02 Kelurahan Pohsangit Kidul perihal pohon tumbang menimpa rumah Suparno Djaffar, warga di Jln. Brantas.

"Selanjutnya, kami menghubungi BPBD dan Dinas PU untuk  membersihkan dan memotong pohon tumbang yang menimpa rumah warga," ucap Serma Rudianto.

Terpisah, Suparno Djaffar warga yang rumahnya rusak berat tertimpa pohon mengucapkan terima kasih kepada Serma Rudianto Babinsa Koramil 0820/01 Kanigaran yang merespon dengan cepat terhadap situasi dan kondisi bencana dengan melakukan aksi gotong royong membantu masyarakat.
                               

"Terimakasih atas kesigapan Ketua RT, Babinsa dan warga serta BPBD juga PU, yang begitu melihat kondisi rumah saya dan  langsung tanggap untuk turun membantu pembersihan rumah saya akibat tertimpa pohon,” tuturnya.

Serma Rudianto disela-sela kegiatan membersihkan pohon tumbang saat dikonfirmasi oleh Tim Liput Pendim 0820 mengatakan, bahwa Babinsa bersama warga melaksanakan dan membersihkan pohon yang tumbang dan ranting ranting di rumah Suparno Djaffar agar rumahnya kembali terlihat bersih dan tertata rapi kembali.

Rudianto meminta kepada warga agar meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan tiba yang disertai angin, dan juga meminta kepada warga untuk mengurangi dahan pohon yang masih berdiri agar beban pohon berkurang sehingga langkah ini sebagai upaya antisipasi datangnya musibah dan apabila terjadi sesuatu hal atau musibah seperti ini segera hubungi para aparat pemerintah agar segera dapat dicarikan solusi dan diatasi dengan cepat.

Ditempat lain, Danramil 0820/01 Kanigaran Kapten Inf Asmawi membenarkan akan adanya anggota Koramil Kanigaran yang terlibat membantu kegiatan pembersihan rumah akibat tertimpa pohon bersama warga sekitar dan BPBD serta Dinas PU.

"Pohon tumbang tersebut akibat cuaca buruk dan sudah termakan usia, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ucap Asmawi.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button