Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Babinsa 0820/20 Banyuanyar Intens Lakukan Pendampingan

Rabu, 04 Januari 2023, 09:57 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Wujud dukungan TNI khususnya TNI AD dalam mendukung program pemerintah terkait wujudkan ketahanan pangan nasional, ditunjukkan dengan kegiatan Babinsa yang terjun langsung membantu petani di desa binaannya saat menjemur  padi hasil panen.

Inilah yang dilakukan oleh Sertu Hadi Suparman anggota Koramil 0820/20 Banyuanyar kepada Sali (52) warga Dusun Krajan Desa Alas Sapi Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo, Rabu (4/1/2023).

Tampak dengan penuh semangat, Sertu Hadi Suparman pergi ke tempat penggilingan dan melihat warganya yang sedang menjemur padi hasil panen, disana Sertu Hadi Suparman bukan sekedar membantu menjemur padi, namun dirinya  juga ikut memantau penggilingan dan memberikan motivasi guna meningkatkan ketahanan pangan. 

Sertu Hadi Suparman menuturkan, bahwa kehadirannya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kedekatan dengan warga masyarakat khususnya dengan kelompok tani.

"Kedatangan kami sebagai langkah upaya mendukung program pemerintah dalam hal swasembada dan ketahanan pangan nasional," ucap Sertu Hadi.
                              

Sementara itu, Sali selaku petani merasa senang dengan kehadiran Babinsa di lokasi penggilingan padi miliknya. Sali juga sangat bersyukur karena meski musim tidak menentu, sawah yang dikelolanya bisa dipanen dan hasilnya cukup baik.

Pada waktu dan tempat yang berbeda, Danramil 0820/20 Banyuanyar, Kapten Arm Puryadi mengungkapkan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah tanggung jawab teritorial mereka masing-masing.

"Pendampingan yang dilakukan Babinsa tidak hanya saat panen, namun sudah berlangsung mulai pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, penyemaian, masa tanam, dan masa perawatan," ungkapnya.

Komandan Koramil berharap, dengan kehadiran Babinsa di lapangan mampu memotivasi petani untuk lebih giat dalam meningkatkan produksi pertanian sehingga siklus pangan tetap terjaga.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button