-->

5 Orang Tahanan Polsek Perdagangan Melarikan diri

Sabtu, 18 Februari 2023, 08:02 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Team gabungan dari Krimum Polda Sumut, Polres Simalungun dan Polsek Perdagangan terus melakukan pengejaran terhadap 5 (lima) tahanan yang melarikan diri dari RTP (Ruang Tahanan Polisi) Polsek Perdagangan Resor Simalungun, Mako Polsek Perdagangan, Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Jumat (17/2/2023) sekira pukul 00.30 Wib.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., ketika dikonfirmasi Jumat (17/2/2023) sekira pukul 12.00 Wib menjelaskan, bahwa ke 5 (lima) tersangka melarikan diri memanfaatkan situasi pada saat personel piket fungsi melakukan pengecekan TKP (Tempat Kejadian Perkara).

"Mereka Kabur saat personel yang menjaga tingga 1 (satu) orang di Mako Polsek Perdagangan, dan yang lain melakukan pengecekan TKP (Tempat Kejadian Perkara)," ucap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, bahwa pada hari Kamis, 16 februari 2023 sekira pukul 23.30 Wib, Personel Piket Fungsi melakukan pengecekan TKP adanya laporan masyarakat yang menginformasikan ada seorang pria yang diamankan warga karena diduga melakukan pencurian.

Guna mengantisipasi amukan massa dan hal-hal yang tidak diinginkan, maka personel Polsek Perdagangan langsung menuju TKP dan mengamankan pria tersebut. Namun ketika dilakukan pemeriksaan, pria tersebut merupakan seorang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) sehingga personel mengamankan pria tersebut dengan membawa ke Mako Polsek Perdagangan.

"Namun setelah kembalinya personel yang melaksanakan pengecekan TKP kembali ke Mako Polsek Perdagangan dan melakukan pengecekan rutin di RTP, melihat 5 (lima) orang tahanan sudah tidak ada, melarikan diri," ujar Kapolres.

Atas kejadian tersebut, Kapolsek Perdagangan AKP Josia, S.H., M.H., langsung melaporkan kepada Kapolres Simalungun, bahwa 5 (lima) orang tahanan Polsek Perdagangan melarikan diri. 

Mengetahui infomasi adanya tahanan yang kabur, personel gabungan Polres Simalungun bersama Polsek Perdagangan langsung melakukan pencarian terhadap 5 (lima) orang tahanan yang berhasil melarikan diri.

Terhadap personel Polsek Perdagangan yang melaksanakan tugas piket fungsi pada saat kejadian Fungsi Propam Polres Simalungun langsung melakukan pemeriksaan terkait larinya 5 (lima) orang tahanan dari RTP (Ruang Tahanan Polsek) Perdagangan.

Modus 5 (lima) orang tahanan yang berhasil melarikan diri dengan merusak jeruji besi ventilasi kamar mandi sel tahanan yang bersebelahan dengan ruang unit penyidik Reskrim Polsek Perdagangan, lalu melarikan diri dengan melompat ke ruangan pemeriksaan Reskrim yang dalam keadaan kosong tidak ada personel.

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, apabila ada mengetahui keberadaan 5 orang tahanan yang berhasil melarikan diri dari RTP Perdagangan, dapat langsung melaporkan atau menginformasikan ke nomor Kontak Kapolsek Perdagangan di Nomor : +62 813-7000-1966, atau menyampaikan langsung kepada kami di posko pengaduan masyarakat di no 0811-6501-516. Dan kami menghimbau kepada pihak keluarga yang mengetahui persembunyian dan keberadaan tahanan tersebut, agar menyerahkan kepada petugas kepolisian dan segera menyerahkan diri," tegas Kapolres Simalungun.*

(PN)

TerPopuler

Whatsapp-Button