Bawaslu Kabupaten Probolinggo Gelar Sosialisasi dan Implementasi Perbawaslu di Cafe & Resto Dringu

Selasa, 21 Februari 2023, 11:57 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Sosialisasi dan Implementasi Perbawaslu nomor 5 tahun 2022 tentang pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) bagi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Probolinggo. Bertempat di salah satu Cafe dan Resto di wilayah Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Selasa (21/2/2023).

Dihadiri dari Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan yang akrab disapa Lek Gun selaku Divisi SDM (Sumber Daya Manusia), Yonky Hendarto (Romo Yonky-red) selaku Divisi Penyelesaian Sengketa (PS). 48 Panwaslu Kecamatan dari dua divisi, Divisi HP2H dan P3S.

Juga hadir selaku pemateri giat sosialisasi dan implementasi Perbawaslu nomor 5 tahun 2022, Agus H. Andinata dari unsur KPU dan Wiwik dari Dinas Dukcapil Kabupaten Probolinggo.

Disampaikan Lek Gun, ketika membuka acara sosialisasi tersebut menyampaikan, bahwa dirinya mereview kinerja Panwaslu Kecamatan yang sudah berjalan. Terutama kata Lek Gun, dalam hal pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) DP4 calon pemilih dan pengawasan Verifikasi Faktual (Verfak) terkait Bakal Calon (Balon) perorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
                              

"Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) wajib hukumnya mengutamakan pencegahan dari pada langsung melakukan penindakan adanya pelanggaran. Lakukan pengawasan dengan santun dan humanis," ucap Lek Gun dengan aura wajah khasnya, Selasa (21/2) siang.

Dipaparkan Romo Yonky selaku Divisi Penyelesaian Sengketa, bahwa implementasi Perbawaslu nomor 5 tahun 2022, pada pasal 2 ayat 2, terkait pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan Pemilu sebagaimana dimaksud, dilakukan dengan berbasis ramah lingkungan.

"Nah, diharap, Panwaslu itu dalam hal mengawasi bukan menjadi momok (sesuatu yang menakutkan-red) namun harus bisa menjadi 'Sang Krisna' (dewa penolong dan baik hati). Jadilah warna positif di wilayah pengawasan masing masing," tandasnya.*

(Fiq/Humas)

TerPopuler