Asah Kemampuan Anggota, Kodim 0820 Probolinggo Gelar Latihan Menembak

Tuesday, March 21, 2023, 11:34 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Kodim 0820/Probolinggo menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) triwulan pertama tahun 2023 di lapangan tembak Batalyon Zipur 10/2/Kostrad, Selasa (21/3).

Kapten Inf Asto Kuswantoro Adjie, komandan latihan mengatakan bahwa kegiatan latihan menembak merupakan bagian dari mengasah kemampuan prajurit dalam menggunakan senjata tentunya dalam rangka melaksanakan tugas.

“Kegiatan latihan menembak senjata ringan diikuti personil dari jajaran Kodim 0820/Probolinggo yang terdiri dari pendukung, Danramil dan perwira staf,” kata Kapten Inf Asto Kuswantoro Adjie. 

Ia menambahkan dalam pelaksanaan latihan faktor keamanan menjadi prioritas utama untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk keamanan dalam latihan maka diwajibkan pada peserta untuk mengikuti semua instruksi dari pimbak (pimpinan menembak) dan pengawas lajur.


Tujuan dari latihan ini untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan menembak agar tetap terjaga meski sudah berada di komando kewilayahan. “Hal ini penting karena kemampuan menembak merupakan kemampuan dasar tiap prajurit sejak mengenyam pendidikan militer,” ujarnya.

Lebih lanjut Danramil 0820/08 Sukapura tersebut menegaskan bahwa menembak merupakan kemampuan dasar yang sudah diberikan sejak pendidikan, jadi kemampuan tersebut harus tetap dikuasai dan melekat pada diri prajurit.

“Sisi lain latihan menembak senjata dilaksanakan secara berkelanjutan dan terprogram ini merupakan latihan yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan perorangan militer dengan tujuan agar personal selalu siap melaksanakan tugas sesuai dengan peran fungsi dan tanggung jawab,” tutupnya.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler