Bawaslu Kabupaten Probolinggo Gelar Bimtek PKD Gelombang ke II, Cak Qorib ; Pengawas Harus Berani Namun Tetap Santun

Wednesday, March 22, 2023, 12:09 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Bawaslu Probolinggo menyelenggarakan Bimbingan Teknik (Bimtek) dalam rangka Pengembangan Kapasitas Sumberdaya Manusia (SDM) Pengawas Adhoc Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se Kabupaten Probolinggo gelombang ke II, Rabu (21/03/2023), bertempat di Auditorium Wish Hotel Jalan Raya Bromo Sukapura Probolinggo.

Dalam sambutan pembuka di acara tersebut Fathul Qorib, SH.,MH., Ketua Bawaslu Probolinggo memberi semangat kepada ratusan PKD yang hadir pada giat gelombang ke dua ini, membuka sambutannya dengan salam Bawaslu dan tagline Bawaslu.

Slogan heroik 'Salam Bawaslu', suara lantang Ketua Bawaslu Probolinggo seraya mengepalkan tangan dan langsung disambut dengan serentak ratusan peserta "Awasi, Cegah, Tindak!, bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu!, Yes!!, membuat seluruh ruangan menggelegar dengan semangat para PKD yang menggema.


Kemudian Cak Qorib (sapaan akrab Ketua Bawaslu Probolinggo) melanjutkan sambutannya dengan memberikan arahan dan pesan, salah satunya bahwa penting bagi Pengawas Desa dan Kelurahan (PKD) ini untuk tidak takut dalam melakukan pengawasan dalam setiap tahapan pemilu, namun juga tidak boleh kasar, otoriter apalagi melakukan intimidasi.

"Teman teman PKD tidak boleh takut dalam melakukan pengawasan dalam setiap tahapan pemilu, tidak boleh takut kepada siapapun, selama kita berpegang pada aturan perundang-undangan, maka dari itu kita harus update terus pemahaman keilmuan kita tentang regulasi pemilu dan selalu berkoordinasi dengan jajaran diatasnya yaitu Panwaslu Kecamatan, akan tetapi kita tidak boleh berlaku kasar, otoriter apalagi belaku intimidatif, itu sangat tidak boleh dilakukan, kita harus mengawasi tahapan pemilu ini dengan santun," ucapnya dihadapan ratusan PKD yang berasal dari 13 Kecamatan pada gelombang ke II ini.

"Dalam melakukan pengawasan, teman-teman PKD wajib dilengkapi dengan Form A dan Alat Kerja Pengawasan (AKP) dan jangan lupa tanda pengenal sebagai seorang pengawas. Ingat,, lakukan pengawasan dengan semangat sebagaimana semangat yang terpancar ketika mengucapkan salam Bawaslu dan tagline Bawaslu "Salam Bawaslu! : Awasi!, Cegah!, Tindak!, bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu!, Yess," pungkas pria asal Pakuniran ini sembari mengakhiri sambutannya dengan mengajak PKD bersama-sama mengucapkan salam Bawaslu dan tagline Bawaslu.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari anggota KPU Kabupaten Probolinggo DR. Ali Wafa Divisi SDM dan Humas, kemudian narasumber lain dari anggota Bawaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan, Rifqohul Ibad dan Ahmad Nasaruddin Latief masing-masing sebagai Kordinator Divisi SDMO Diklat, Divisi Pencegahan Humas Parmas dan Divisi Penanganan Pelanggaran Datin, hingga acara ditutup sekitar pukul 15.00 WIB dengan sesi foto bersama.*

(Fiq/Humas Bawaslu)

TerPopuler