Bawaslu Kabupaten Probolinggo Kawal Hak Pilih Tuna Daksa Didampingi Panwaslu Wonomerto

Senin, 06 Maret 2023, 21:07 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dalam rangka mengawal pemilih rentan yang berpotensi terabaikan dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas pada pemilu serentak 2024.

Siang tadi, Senin (06/03/2023) Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib bersama staff mendatangi rumah pemilih Disabilitas, beralamat di Dusun Kolor Desa Pohsangit Ngisor Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, didampingi Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan Wonomerto Sunapi dan Rubiyanto.

Adalah Muhammad Taurin, remaja Tunadaksa yang tinggal bersama ayah, ibu, kakak dan iparnya. Ia berprofesi sebagai pengajar disalah satu TPQ Desa Pohsangit Ngisor Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. 

Kedatangan Ketua Bawaslu Probolinggo ini dalam rangka memastikan Muhammad Taurin dan pemilih rentan lainnya telah dilakukan "coklit" oleh Pantarlih dan akan mengawal ketersediaan sarana baginya saat di TPS nanti.

"Kami mengunjungi Salahsatu pemilih disabilitas dalam rangka memastikan hak mereka terpenuhi sebagai warga negara yang mempunyai hak pilih. Sebagaimana diamanahkan oleh Undang-Undang Pemilu bahwa kelompok disabilitas punya hak untuk dipilih dan memilih dalam pemilu," ungkapnya.

Cak Qorib (sapaan akrab Fathul Qorib-red) berharap, dengan adanya kunjungan ini bisa menjadi contoh bagi penyelenggara adhoc pengawas di jajarannya, bahwa masih banyak di desa-desa yang bernasib sama seperti Ustadz Muhammad Taurin ini.

"Mari kita kawal hak suara mereka sampai benar-benar terdaftar sebagai pemilih dan memastikan menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024 mendatang," harapnya.

Giat ini dilakukan dalam rangka rangkaian patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih oleh Bawaslu Kabupaten Probolinggo yang akan terus dilakukan hingga 14 Pebruari 2024 sebagaimana diamanahkan dalam instruksi Bawaslu RI Nomor 4 Tahun 2024.*

(Fiq/Humas Bawaslu)

TerPopuler