Dukung Swasembada Pangan, Dandim Tanam Jahe Merah

Selasa, 07 Maret 2023, 17:30 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto secara simbolis melakukan penanaman bibit jahe merah dilahan tidur di area Makodim setempat, Selasa (7/3).

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, bahwa program penanaman jahe merah yang dilakukan secara serentak di wilayah teritorial Kodim 0820/Probolinggo tersebut dalam rangka mendukung program swasembada pangan.

Letkol Arm Heri Budiasto menyampaikan sektor pertanian merupakan program swasembada pangan strategis nasional, ada perintah dari komando atas kepada seluruh jajaran untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di satuan masing-masing untuk dijadikan sebagai lahan produktif.


"Kita berupaya dari lahan kosong atau tidak produktif menjadi lahan yang produktif dan alhamdulilah hari ini sudah siap untuk kita tanami bibit jahe merah," kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Ia menambahkan, hal ini merupakan salah satu langkah aksi nyata dalam rangka membantu mengatasi kesulitan rakyat dan hal ini sesuai dengan butir dalam 8 wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

"Kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan pembinaan teritorial yang adaptif melalui pembinaan ketahanan pangan wilayah,"ujarnya.

Perwira dengan 2 melati dipundak ini menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh program swasembada pangan. "TNI telah melakukan kerjasama dengan pemerintah hal tersebut kita lakukan supaya tidak ada lagi lahan kosong dan terlantar, Jika pangan kuat kita tidak akan goyah lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut Letkol Arm Heri Budiasto mengajak untuk bahu-membahu dalam rangka mensukseskan program pemerintah terutama dalam swasembada pangan, Kodim 0820 Probolinggo bersama sejumlah unsur ikut andil dalam karya nyata berupa program unggulan ketahanan pangan dengan dicanangkan karya nyata berupa tanaman unggulan produktif berupa jahe merah.

"Melalui program swasembada pangan ini tentunya kita berharap kehidupan masyarakat untuk tingkat perekonomian yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo bisa meningkat dan terpenting yakni mengembalikan ikon Probolinggo yang tidak hanya mangga tapi ada anggur dan jahe," tandasnya.

Untuk diketahui dalam momen tersebut juga digelar apel kesiapan swasembada pangan di lapangan apel makodim sekaligus paparan yang dilakukan oleh dinas terkait tentang cara dan media dalam penanaman jahe merah.*

(Fiq/Pendim 0820)

TerPopuler