Miris !!, Daerah Kaya Raya Akan Sumber Daya Tak Miliki Mobil Damkar, Ini Beritanya..

Minggu, 16 April 2023, 16:39 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tungkal Jaya - Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kecamatan Tungkal Jaya, Musi Banyuasin (Muba), tepatnya di Desa Peninggalan, Kecamatan Tungkal Jaya, Minggu (16/04/23).


Dalam peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah warga itu, terdapat terkendala dengan tidak adanya mobil pemadam kebakaran yang dimiliki oleh Kecamatan tersebut.


Beruntung dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa. namun kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.


Saat bertemu dengan Kepala Desa Peninggalan Sopan Sopian, ia sangat menyayangkan tidak adanya mobil pemadam kebakaran yang dimiliki oleh Pemerintah Kecamatan.


"Sayang sekali kita disini tidak memiliki mobil pemadam kebakaran. Andaikan mobil itu ada, mungkin kebakaran yang terjadi di wilayah ini dapat segara diatasi. Bahkan sebelum api menjadi lebih besar, mungkin sudah bisa dipadamkan. Namun inilah kenyataannya, kita hanya bisa meminta bantuan dari kecamatan lain pak. Tadi, mobil pemadam kebakaran itu datang dari Kecamatan Sungai Lilin," jelasnya.



"Sebenarnya kita disini (Kecamatan Tungkal Jaya) ini di kelilingi oleh perusahaan perusahaan besar. Ada Medco Energi (Perusahaan MIGAS) ada PT Tempirai ( Batu Bara) dan ada beberapa perusahaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit. Namun tadi saya sudah menghubungi pihak Medco Energi untuk meminta bantuan mobil pemadam milik mereka guna membantu memadamkan api tersebut. Tapi menurut Humasnya yang saya hunungi via telepon seluler mengatakan, ada banyak prosedur yang harus mereka jalankan, untuk bisa mengeluarkan mobil pemadam kebakaran itu. Bahkan saya, oleh humasnya disuruh menghubungi security mereka juga pak,"  jelas Kades Peninggalan kepada Awak Media ini.



Miris memang, di Kecamatan Tungkal Jaya notabenenya kaya raya ini, tidak ada satupun mobil pemadam kebakaran yang mereka miliki. Terlebih lagi ada banyak perusahaan perusahaan yang bercokol di daerah tersebut, namun tidak bisa membantu, apalagi dalam hal kebakaran.


Seperti diketahui, semua perusahaan perusahaan itu hampir semuanya memiliki mobil pemadam kebakaran. Lalu apa kontribusi mereka (perusahaan) disini?, selain merekrut tenaga kerja yang tidak seberapa dan hampir rata rata cuma menjadi pekerja kasar saja?.


"Ini harus menjadi perhatian sangat serius dari pemerintah dan pihak terkait. Jika kehadiran perusahaan perusahaan itu hanya bisa mengeruk kekayaan alam, hanya bisa mencari keuntungan saja, lebih baik mereka angkat kaki dari sini," tutup salah satu warga Tungkal Jaya yang enggan disebutkan namanya ketika wawancarai awak Media Snipers.news.*


(Ari Widadi)

TerPopuler