Tim Penilai Reformasi Birokrasi TNI AD Kunjungi RST Ambon dan Rindam XVI/Pattimura

Wednesday, April 12, 2023, 00:20 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Hari ke dua, dua satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura menerima Tim Penilaian Verifikasi Lapangan WTRB dari Mabesad, yang dipimpin oleh Kolonel Cku Dede Yudha Maulana untuk menilai langsung hasil Pembangunan Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi (WRTB), hari ini Selasa (11/04/2023). 

Terlebih dahulu, Tim Penilaian Verifikasi Lapangan WTRB tersebut meninjau Rumah Sakit Tentara TK II dr. J.A Latumeten (RST Ambon), yang berada di Jalan Dr. Tamaela No.2, Kelurahan Silale, Kecamatan  Nusaniwe, Kota Ambon. 

Tim Penilaian Verifikasi Lapangan WTRB disambut langsung oleh Kakesdam XVI/Pattimura Kolonel Ckm dr. Masri Sihombing, Sp.OT, M.Kes., dan Karumkit TK II dr. J.A Latumeten Kolonel Ckm dr. Dwi Susanto, M.Kes., M.A.R.S. 

Karumkit menyambut baik kunjungan tim penilaian internal WTRB, dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Tim terkait pembangunan Zona Integritas di Rumah Sakit Tentara TK II dr. J.A Latumeten. 

Lebih lanjut Karumkit menegaskan, bahwa  pembangunan WTRB di  Rumah Sakit Tentara TK II dr. J.A Latumeten telah diupayakan secara maksimal. "Namun kami masih membutuhkan masukan dan pencerahan dari Tim penilaian, agar dapat mewujudkan satuan WTRB  maupun Zona Integritas di Rumah Sakit andalan masyarakat Maluku ini," ujar Kol. Ckm dr. Dwi Susanto.

Senada dengan yang disampaikan Karumkit, Ketua Tim Penilaian Verifikasi Lapangan WTRB dalam sambutannya mengatakan, seperti yang diketahui bersama, pencanangan Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi (WTRB) ini merupakan tindak lanjut perintah pimpinan TNI AD yang terdiri dari 6 instrumen perubahan, yaitu Aspek Manajemen Perubahan, Aspek Penataan Tatalaksana, Aspek Penataan Manajemen SDM, Aspek Penguatan Akuntabilitas, Aspek Penguatan Pengawasan dan Aspek Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Ditempat yang sama, Ketua Tim menambahkan, bahwa kehadiran mereka adalah untuk membimbing dan mengarahkan agar sesuai dengan apa yang diminta oleh Kemenpan RB, sehingga diharapakan dapat memenuhi syarat untuk diajukan ke tingkat Mabes TNI hingga Kemenpan RB. 


Kegiatan yang dilaksanakan adalah paparan Karumkit tentang pembangunan Zona Integritas / WTRB yang telah dilaksanakan oleh RST TK II dr. J.A Latumeten kepada tim penilai. 

Selanjutnya, tim penilai melaksanakan pengecekan dan penilaian serta evaluasi Zona Integritas / WTRB dan mengecek inovasi – inovasi yang telah dilaksanakan RST TK II dr. J.A Latumeten, seperti antrian elektronik, layanan air minum di fasilitas pendaftaran, pelayanan pemindahan faskes BPJS personil, pelayanan kantin online dan pelayanan penitipan anak untuk personil Rumkit maupun para pegawai/masyarakat di sekitar Rumkit. 

Kemudian, Tim Penilaian Verifikasi Lapangan WTRB bertolak menuju Makorindam XVI/Pattimura yang berada di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. 

Kedatangan Tim disambut langsung oleh Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Saut Edward Tampubolon dan jajaran. 

Dengan kehadiran Tim dari Mabesad, Danrindam berharap mendapatkan penilaian dan masukkan untuk melengkapi data dan bahan yang diperlukan dalam penilaian WTRB selanjutnya, agar lebih baik dan lengkap. 

"Kepada para prajurit Rindam XVI/Pattimura untuk menyampaikan dan menyiapkan data yang benar dan lengkap. Apabila ada kekurangan segera lengkapi dan perbaiki apa yang menjadi koreksi Tim, agar mendapatkan hasil yang maksimal," tegas Danrindam. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap data dukung LKE WTRB dan peninjauan inovasi pembangunan WTRB di Rindam XVI/Pattimura, yaitu Pujasera Rindam XVI/Pattimura, penyediaan ATM keliling, tempat air siap minum Prajurit Siswa, penyediaan rumah singgah untuk keluarga peserta didik, dan penyediaan sarana pengantaran peserta didik saat berlibur.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler