Aksi Donor Darah Peringatan HUT ke-24 Kodam Pattimura

Thursday, May 11, 2023, 19:53 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Semarak Hari Ulang Tahun Kodam XVI/Pattimura ke 24, Kodam XVI/Pattimura  menyelenggarakan aksi donor darah usai kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan, Kamis (11/05/2023) di RST TK II dr. J.A Latumeten.

Menggandeng tim PMI Kota Ambon, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu wujud kontribusi TNI dalam aksi kemanusiaan. 

Sejak pagi para peserta donor yang terdiri dari Prajurit, Persit dan PNS serta Mahasiswa- Mahasiswi Stikes dr. J.A Latumeten Ambon sudah memenuhi lapangan Apel RST untuk melakukan pendaftaran dan screening. 

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo yang saat itu turut hadir menyumbangkan darahnya mengatakan, hari ini Kodam XVI/Pattimura dalam rangka HUT ke-24 mengisi kegiatan dengan aksi sosial donor darah yang berkerjasama dengan PMI Kota Ambon.

"Animonya lumayan banyak, semoga kontribusi ini nantinya dapat memberikan manfaat,” ucap Kapendam. 

Tampak pula Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana dan sejumlah Pejabat serta Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura tak ketinggalan menyumbangkan darahnya. 

Lebih lanjut dikatakan Kapendam, dalam pelaksanaan aksi sosial ini calon pendonor harus melalui proses asesmen medis yang ketat. 

Pasalnya tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya, tergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan masing-masing. 


“Sebelumnya calon pendonor harus mengisi form data diri yang telah disediakan, selanjutnya menjalani cek kesehatan fisik oleh petugas yang akan melakukan pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan tingkat hemoglobin sebelum pengambilan darah,” jelas Kapendam. 

Selain aksi sosial, donor darah juga berguna untuk kesehatan tubuh pendonor. Menjadi pendonor darah sukarela secara teratur adalah langkah sederhana yang dapat dilakukan setiap orang untuk memperkuat solidaritas, mendukung sistem kesehatan setempat, dan menyelamatkan nyawa. 

Sekurangnya ada 100 kantong darah berhasil tersalurkan untuk kebutuhan stok darah bagi masyarakat Kota Ambon. 

Salah satu pendonor yang merupakan Mahasiswa tingkat I Stikes dr. J. A Latumeten Ambon, Dores Suparjo Sagala mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. 

"Selain bermanfaat untuk kesehatan pendonor, darah yang terkumpul nantinya juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Selain itu dirinya juga berharap di HUT ke 24 ini, Kodam XVI/Pattimura semakin solid, kuat dan dicintai Rakyat. 

"Dirgahayu Kodam XVI/Pattimura ke 24, semoga semakin Jaya," tutupnya dengan wajah gembira.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler