Kadis Pendidikan Kota Binjai Diduga Asbun Soal Kutipan Dana Bos

Senin, 29 Mei 2023, 12:52 WIB
Oleh Link
Ket poto : Kantor Dinas Pendidikan Kota Binjai.

SNIPERS.NEWS | Binjai - Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program Pemerintah yang pada dasarnya untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pemdidikan dengan sasaran semua sekolah, tapi tak jarang dengan adanya Bantuan Operasional Sekolah sering terjadi penyelewengan.

Di Kota Binjai khususnya di dinas Pendidikan tersiar informasi kepala sekolah di minta kembalikan uang dana Bos tahun anggaran 2022 karena beredar isu adanya temuan BPK.

Menurut sumber yang tak mau disebut namanya, Rabu ( 24/5/2023) pagi menyampaikan, para kepala sekolah mengeluh atas adanya uang kutipan pengembalian uang Dana Bos untuk pembayaran gaji Bendahara dana Bos dan bendahara barang dana bos sebesar 50% ditahun 2022.

Pengutipan dilakukan melalui K3S Kecamatan  masing - masing dan ditargetkan Senin (29/5) harus semua di setor ke K3S yang kemudian akan disetor ke Dinas Pendidikan.

Masih kata sumber, " pengembalian uang gaji bendahara dana bos dan bendahara barang dana bos sebesar 50% ini sebenarnya mau disetor kemana" ungkapnya.

Padahal pembayaran gaji bendahara bos dan bendahara barang dana bos sudah sesuai juknis, hal ini menjadi pertanyaan besar.

Disisi lain para  K3S Kecamatan saat dikonfirmasi terkait info yang beredar terkait pengutipan pengembalian uang gaji Bendahara dana bos dan bendahara barang dana bos melalui Whatshap sampai berita ini diterbitkan belum memberikan jawaban, walaupun sudah dibaca.

Terkait hal ini, awak media mencoba mengkonfirmasi Kadis Pendidikan Kota Binjai Edi Mulya Rabu (24/5) terkait kutipan dana bos yang dilakukan K3S kepada para Kepala Sekolah, " benar ada temuan BPK dan semua kepala sekolah harus mengembalikan dana bos yang tidak sesuai dengan juknis" ungkap Kadis.

Pengembalian harus disetor ke RKUD dan itu masing - masing kepala Sekolah yang setor langsung dan pengembaliannya bukan 50% tapi harus 100%.

Keterangan Kadis Pendidikan Kota Binjai Edi Mulya terkait pengembalian dana bos yang tidak sesuai juknis tahun anggaran 2022 jelas sangat berbeda dengan pemberitaan disalah satu media online yang mengatakan " Kepsek harus mengembalikan temuan yang tak sesuai juknis sebesar 50%" hal ini terkesan kadis Pendidikan Kota Binjai Asal Bunyi ( ASBUN ) saat dikonfirmasi.

( RN

Bersambung.....





TerPopuler