Lewat PKS, Rutan Negara Bersinergi Dengan Dinas Kesehatan Jembrana

Wednesday, May 17, 2023, 14:18 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana lewat Perjanjian Kerjasama (PKS), yang ditandatangani kedua belah pihak, bertempat di ruang Ka Rutan Negara, Jembrana, Bali, Rabu (17/5/23).

Kegiatan sekaligus dirangkai dengan peresmian Pos Pelayanan Kesehatan secara simbolis, dimana hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Negara.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Rutan Negara, Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Jembrana, Kepala Puskesmas I Negara, serta Pejabat Struktural dan tenaga kesehatan Rutan Negara.

Menurut Ka Rutan Lilik Subagiyono, kerjasama dengan Dinas Kesehatan sudah sejak lama terjalin, hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan, terutama dalam hal pemeriksaan kesehatan maupun tindakan medis dan tindakan lanjutan bagi warga binaan yang memerlukan rujukan.


Lilik juga mengapresiasi peran Dinas Kesehatan dalam membantu berbagai pelayanan kesehatan di Rutan Negara, dan berharap kerjasama yang telah terjalin memiliki dampak positif. 

"Saya juga berharap kerjasama antara Rutan Negara dengan Dinas Kesehatan bisa tetap terjaga seterusnya," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Jembrana Dokter Made Dwipayana menyampaikan apresiasi melalui sambutannya, hal itu ditujukan kepada pelayanan kesehatan yang selama ini telah dilaksanakan oleh Rutan Negara.

Dwipayana mengaku, Dinas Kesehatan dan Puskesmas I Negara siap memberikan bantuan dan fasilitas bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang membutuhkan pelayanan kesehatan.


"Kami memiliki Ambulance yang siap antar jemput bagi pasien atau Warga Binaan Pemasyarakatan yang memerlukan, apabila ada yang diperlukan tinggal dikoordinasikan kepada kami," katanya.

Dokter Made Dwipayana mengatakan, bahwa pihaknya akan terus membantu dan mendukung dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga binaan.

"Kami juga senang terlibat dalam pelayanan kesehatan di Rutan Negara. Jika diperlukan, kita juga akan mengutus tenaga kesehatan dari Puskesmas I Negara untuk turun langsung ke Rutan," imbuhnya.

Diresmikannya Pos Pelayanan Kesehatan dan penandatanganan PKS, pelayanan kesehatan di Rutan Negara dapat dilaksanakan secara optimal dengan bantuan dan dukungan dari Dinas Kesehatan Jembrana dan Puskesmas I Negara.*

(Made Budi)

TerPopuler