Simalungun Masuk Penilaian Penghargaan Bidang Bangga Kencana MKK Tahun 2023

Wednesday, May 10, 2023, 18:38 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kabupaten Simalungun masuk verifikasi dalam penilaian penghargaan Bidang Bangga Kencana Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2023.

Masuknya Kabupaten Simalungun dalam penilaian ini diketahui dari kunjungan Tim Verifikasi Penilaian Penghargaan Bidang Bangga Kencana MKK Tahun 2023 Provinsi Sumatera Utara, yang di pimpin oleh Kepala BKKBN Perwakilan Sumut di Kabupaten Simalungun.

Kehadiran Tim Verifikasi ini di terima langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga di dampingi ketua TP PKK Ny Ratnawati Sidabutar, di pendopo rumah dinas Bupati Simalungun Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Rabu (10/5/2023). 

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan selamat datang kepada seluruh tim penilaian verifikasi data dari Provinsi Sumut, yang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Simalungun.

"Kami sangat bangga menjadi calon penerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Pusat, yaitu Manggala Karya Kencana melalui BKKBN. Ini merupakan kerja keras dan kerjasama di Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas BKKBN Kabupaten Simalungun yang bekerjasama melalui Marharoan Bolon," ujarnya. 

Disampaikan Bupati, dengan adanya penghargaan ini tentu akan meningkatkan semangat dan lebih termotivasi lagi untuk terus mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, membangun keluarga berencana yang berkualitas dan berupaya mencegah dan menurunkan prevalensi stunting di wilayah Kabupaten Simalungun.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, terkhusus Ketua Tim Penggerak PKK dan jajarannya, yang berupaya keras memberikan pelayanan langsung terhadap kelompok keluarga sasaran pemberdayaan masyarakat menuju keluarga sehat dan sejahtera sesuai dengan visi misi Rakyat Harus sejahtera," ujarnya.

"Kita semua berharap, kegiatan ini berjalan sukses dan semoga kegiatan ini mendapatkan berkah dari Tuhan yang Maha Kuasa," harapnya.


Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Perwakilan Sumut Muhammad Irzal menyampaikan, penilaian yang dilakukan pihaknya untuk mendukung program Pemerintah Pusat guna mendukung kesejahteraan Masyarakat. 

"Secara prosedur kita harus melihat kembali apakah penilaian yang telah diberikan itu sudah tepat," ujar Irzal.

Irzal mengatakan, bahwa program di BKKBN bertujuan untuk meningkatkan kwalitas sumberdaya manusia. Maka, penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Pemerintah Daerah oleh Pemerintah Pusat.

"Manggala Karya Kencana ini akan diberikan pada bulan Juni mendatang. Oleh karena itu, ada beberapa indikator yang mendukung untuk mendapatkan ini," ujarnya.

Irzal juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Simalungun, yang masih mempertahankan Dinas BKKBN. "Dinas BKKBN di beberapa daerah sudah di merger dan digabungkan dengan dinas lainnya," sebut Irzal.

Kepala BKKBN Perwakilan Sumut itu berharap kepada Pemkab Simalungun, agar Dinas BKKBN tidak di merger dan di gabung, akan tetapi ini tetap di pisah. "Inilah yang menjadi nilai plus dalam penerimaan penghargaan tersebut. Dan di Simalungun ini masih bertahan," ujarnya.

Selain itu, Kepala BKKBN Sumut juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Simalungun dalam penurunan stunting sangatlah aktif dan luar biasa. Penurunan stunting di Kabupaten Simalungun pada tahun 2021 - 2022 dengan kerja keras dan kerja cerdas, sehingga penurun angka stunting turun dengan drastis.

"Dan ini sangat baik. Ini menjadi angka di bawah nasional dan provinsi. Dan tinggal 3 persen lagi angka penurunan stunting di Kabupaten Simalungun sangat luar biasa," ujar Irzal, sembari mengatakan kalau Kabupaten Simalungun pantas mendapatkan penghargaan Manggala.*

(PN)

TerPopuler