Wakil Bupati Simalungun Monitoring Pelaksanaan UAS Jenjang SMP Kelas IX

Monday, May 8, 2023, 13:37 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H. Zonny Waldi, didampingi pejabat Administrator Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun melakukan monitoring Ujian Akhir Sekolah (UAS) jenjang SMP kelas IX di sejumlah sekolah, Senin (8/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati menyampaikan selamat mengikuti ujian kepada para peserta UAS, dan jangan lupa berdoa sebelum melaksanakan ujian.

Disamping itu, Wakil Bupati juga meminta kepada para peserta agar memiliki cita cita yang tinggi, sebab peserta didik ini merupakan generasi emas harapan masa depan bangsa untuk melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa dan negara.

"Kalian harus punya cita cita yang harus di raih. Persiapkan diri kalian agar kalian mempunyai arah yang baik. Terus belajar, jangan hanya sampaikan di tingkat SMP tapi lanjutkan terus ke jenjang yang lebih tinggi. Ikhlas belajar, patuh kepada guru dan hormat kepada orang tua," kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga mengingatkan kepada anak-anak peserta didik, pintar saja tidak cukup, tapi harus memiliki akhlak dan moral yang baik. 

"Saya ingin kalian menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak yang baik dan berfikir positif. Kembangkan inovasi kalian untuk meraih cita-cita," pesan Wakil Bupati. 

"Jadilah anak yang baik di tengah-tengah masyarakat, dan jauhi narkoba. Selamat ujian, jangan lupa berdoa dan harapan kami kalian lulus semua," sambung Wakil Bupati.

Kepada para guru, Wakil Bupati meminta agar melaksanakan tugas dengan baik, tulus dan ikhlas. "Berikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak sebagai peserta didik," sebut Wakil Bupati. 


Sesuai dengan informasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, jumlah peserta yang mengikuti UAS sebanyak 12.354 siswa kelas IX jenjang SMP Negeri dan Swasta, dimulai Senin-Jum'at (8-12 Mei 2023).

Mata pelajaran yang diujikan adalah 
Bahasa Indonesia, PKN, Agama, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS Senin Budaya, Prakarya, PJOK (Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan).

Adapun sekolah yang di monitoring adalah SMP Negeri 2 Siantar Kecamatan Siantar. Disekolah ini jumlah peserta UAS sebanyak 186 siswa di bagi dalam 10 ruang kelas.

Selanjutnya SMP Negeri 1 Siantar Kecamatan Siantar jumlah peserta UAS sebanyak 236 dibagi dalam 12 ruang kelas. Di SMP Negeri 1 Gunung Melela Kecamatan Gunung Malela jumlah peserta UAS sebanyak 230 di bagi dalam 12 ruang kelas.

Kemudian di SMP Negeri 1 Pematang Bandar Kecamatan Pamatang Bandar jumlah peserta UAS sebanyak 255 di bagi dalam 17 ruang kelas. Di hari pertama pelaksanaan UAS berjalan tertib, Amanda lancar. Sesuai informasi dari setiap sekolah yang di monitoring seluruh peserta hadir semua.

Selama melakukan monitoring, Wakil Bupati dan rombongan di dampingi oleh masing-masing kepala sekolah, koordinator wilayah (korwil) pendidikan dan para guru.

Pejabat administrator Dinas Pendidikan yang mendampingi Wakil Bupati saat monitoring yakni Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Hormauli Purba dan Kabid Sarana dan Pra Sarana Farolan SP Sidauruk.*

(PN)

TerPopuler