Angkat Kearifan Lokal, KodamXVI/Pattimura Gelar Lomba Menyanyi dan Keyboard

Tuesday, June 13, 2023, 23:13 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Banyak cara yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi budaya suatu daerah. Salah satunya, dengan menyelenggarakan perlombaan, dengan mengangkat kearifan lokal daerah maupun setempat. 

Seperti halnya Kodam XVI/Pattimura yang menggelar Pattimura Music Contest "Singing and Keyboardist" bertempat, di Aula Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, Selasa (13/6/2023). 

Saat membuka lomba dihadapan puluhan peserta, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A.Setyawibawa, dalam amanat yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI Agung Pambudi mengatakan, lomba menyanyi dan bermain keyboard ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka, Peringatan hari lahirnya Pancasila Tahun 2023, dengan Tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". 

"Diharapkan, dapat memupuk 
semangat Prajurit dan PNS Kodam 
XVI/Pattimura, untuk meningkatkan semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa," ujarnya. 

"Yang mana hal ini,  juga sejalan dengan program Harmonisasi Pattimura, Lawamena Haulala, yang mengandung makna, bahwa prajurit Kodam XVI/Pattimura, senantiasa menjaga sinergitas dengan TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat, dalam setiap pelaksanaan tugas, guna menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang aman, damai, sejahtera dan kondusif," sambung Pangdam. 

Alasan kenapa lomba Musik dan Keyboardist dipilih, jelas Pangdam. Dengan harmonisasi nada dan irama, melalui Pattimura Music Contest, akan merajut keharmonisan hidup orang basudara, hingga tercipta Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam bingkai NKRI. 


Dalam perlombaan tersebut, terdapat 3 Dewan juri ternama di bidangnya, yang hadir diantaranya, Thomas D Huwae S.Th, M. Sn (Dosen Musik IAKN Ambon), Kapten Inf Hendrik Ulorlo (Korem 151/Binaiya), dan Dece Matulapelwa (Musisi). 

Adapun kategori yang dinilai dalam kompetisi ini meliputi, penguasaan lagu/lirik, performance, ketepatan nada, kemampuan olah vocal, penampilan dan kostum. 

Berdasarkan penilaian dewan juri, dalam kompetisi tersebut, untuk juara 1 diraih oleh peserta dengan No 16 atas nama, Pns Yetty Sahetapy, asal satuan Itdam XVI/Pattimura, dengan nilai 3.925. Sedangkan, juara 2 diraih oleh peserta dengan No 6 atas nama, Letda Czi Yesaya De Fretes, asal satuan Deninteldam XVI/Pattimura dengam nilai 3.730, dan juara 3 diraih oleh peserta dengan No 24 atas nama, Pratu Asril Batapon asal satuan Yonif R 733/Masariku dengan nilai 3.590.

Sedangkan untuk penampilan Keyboardist, Juara 1 diraih oleh peserta dengan No 23 atas nama, Pratu Ivan Naftali asal satuan Denmadam XVI/Pattimura, dengan nilai 3.365, juara 2 diraih oleh peserta dengan no 20 atas nama, Pns Hanna Patty, asal satuan Pendam XVI/Pattimura, dengan nilai 3.175, dan juara 3 diraih oleh peserta dengan No 6 atas nama, Sertu Ifan Sardi asal satuan Deninteldam XVI/Pattimura, dengan nilai 3.145.

Diakhir acara, Pangdam berkesempatan menutup acara tersebut, dan mengucapkan selamat kepada para pemenang, atas kerja kerasnya. Bagi peserta yang belum berkesempatan untuk menang, agar terus berlatih, guna meningkatkan kemampuan bernyanyi dan bermain keyboard, sehingga pada event berikutnya dapat meraih juara. 

Acara ditutup dengan penyerahan piala dan sejumlah uang pembinaan, kepada para juara, yang diserahkan oleh Pangdam XVI/Pattimura, didampingi Kasdam XVI/Pattimura, beserta PJU Kodam XVI/Pattimura.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler