Gubernur Maluku Serahkan Hewan Korban Kepada Yayasan Masjid Raya Al Fatah Ambon

Friday, June 30, 2023, 15:36 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Sehari sebelum pelaksanaan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah/ Tahun 2023, sebagaimana yang tetapkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini, kemeja Agama bertepatan dengan Kamis 29 Juni 2023, yang dilaksanakan oleh seluruh umat Islam di Indonesia dan dunia termasuk di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Imam Nesar Masjid Raya Al Fatah Ambon Ir. Fauzy Attamimi, kepada media di Ambon, Rabu (28/6/2023).

Attamimi menyampaikan, bahwa Hewan Qurban yang diterima sampai saat ini berjumlah 12 ekor, diantaranya 10 ekor Kerbau dan 2 ekor Kambing.

Ditambahkan, bahwa Hewan Qurban yang ada adalah pemberian dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, yang diserahkan oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail kepada Imam Besar Mesjid Raya Al Fatah Ambon KH. R.R. Hasanussi.

Hadir saat penyerahan Hewan Qurban mendampingi Gubernur Maluku, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku H. Asis Sangkala, Penjabat Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Wattimena, Sekda Provinsi Maluku Ir. Sadali Ie, Asisten I Sekda Provinsi Maluku Mustafa Umasugi dan OPD Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Sedangkan yang mendampingi Imam Besar Masjid Raya Al Fatah Ambon, diantaranya Sekretaris Imam Besar Masjid Raya Al Fatah Ir. Fauzy Attamimi beserta pengurus Yayasan Al Fatah Ambon dan panitia pelaksana Sholat Idul Adha 1444 Hijriah/ 2023, disaksikan oleh masyarakat yang berada di seputaran Masjid.

"Selain bantuan dari Presiden Ir. H. Joko Widodo, juga bantuan Hewan Qurban dari beberapa pihak yang lain, seperti Kajati Maluku, Bank BPDM, serta beberapa pihak lain yang tidak mau disebutkan namanya," ujar Fauzi Attamimi.

Ditanya terkait dengan tahun kemarin dan tahun ini, apakah mengalami perubahan atau tidak soal jumlah Hewan Qurban, Attamimi mengatakan, bahwa ada perubahan sedikit dari tahun kemarin, karena tahun kemarin berjumlah 13 ekor hewan Qurban Kerbau, sedangkan tahun ini hanya 10 ekor hewan Qurban Kerbau.

"Itu hitungan hewan Qurban Kerbau, bukan Hewan Qurban Kambing," kata Fauzi Attamimi.

"Hewan Qurban setelah selesai disembelih atau dipotong, Insya Allah akan di distribusikan, yang pertama adalah area seputar Masjid, ada rumah sakit, disana ada karyawan karyawan rumah sakit, kemudian sekolah sekolah ada para guru dan para siswa, selanjutnya kepada masyarakat yang berada diseputaran Masjid, itu biasanya didistribusikan ke mereka," jelas Fauzi Attamimi.

Terakhir Attamimi juga menjelaskan tentang pembagian Hewan Qurban kepada pihak-pihak yang disebut tadi. "Akan kami bagikan kupon yang diperkirakan sekitar lima ratusan sampai enam ratusan, dan kupon2 tersebut di bawa oleh mereka saat menerima daging hewan Qurban yang akan dibagikan kepada mereka," tutupnya.*

(ATM-MM)

TerPopuler