Johan Merdeka, Pejuang Kepentingan Masyarakat Kecil Menuju Kursi Dewan

Kamis, 08 Juni 2023, 00:01 WIB
Oleh Redaksi

Foto : Johan Merdeka, Caleg DPRD Sumut dari Partai PSI Dapil 3 Deli Serdang, Ketua DPP Solidaritas Angkutan Transportasi Umum Becak Bermotor (SATU BETOR), Sekjen Agraria sekaligus Aktivis. (Dok. Istimewa)


SNIPERS.NEWS | Medan - Mengulas tentang nama, Johan Merdeka terdengar sudah tak asing lagi, baik dikalangan birokrat maupun para mafia tanah. Sosoknya yang terbilang pendiam namun penuh makna.


Johan diketahui merupakan sosok pejuang, tak pernah lelah, serta dengan ikhlas selalu memperjuangkan bagi kepentingan masyarakat banyak. Ya, Johan memang pejuang bagi masyarakat lemah. Dengan kata lain, dirinya tidak pernah minta bayaran atau menuntut untuk dibayar.


Mengorbankan diri dan nyawanya demi kepentingan banyak orang sudah menjadi bagian hidupnya. Johan Merdeka merupakan anak dari mantan anggota DPRD Sumut, namun dirinya tidak pernah membawa nama orang tuanya dalam setiap perhelatan apapun.


Johan memiliki pola hidup yang sederhana, dan selalu menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat miskin.
Saat ini posisinya menjabat sebagai Ketua DPP Solidaritas Angkutan Transportasi Umum Becak Bermotor (SATU BETOR).


Perlu diketahui, jiwa sosial yang tinggi juga mendiami dirinya. Tak ayal, dengan jiwa sosial dan solidaritas yang cukup tinggi terhadap organisasi maupun lingkungan, Johan saat ini telah berhasil membangun 9 cluster Perumahan Mandiri untuk anggota-anggotanya, yang dibiayai dengan swadaya, dan ini merupakan sebuah prestasi.


Melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPW Sumut, Johan Merdeka menyatakan kesiapannya untuk menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) dalam kontestasi Pemilu 2024 nanti. Ia maju menjadi Caleg untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Deli Serdang.


Seperti yang disampaikannya kepada para wartawan, termasuk saat dihubungi Snipers.news pada Rabu (7/6/23), yang menurutnya ini merupakan panggilan hati.


"Kesiapan maju menjadi caleg merupakan panggilan hati, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang belum terakomodir. Dan saya melihat, masih banyak yang harus diperjuangkan. Untuk itu, saya mohon doa dan restu dari semua masyarakat, khususnya di Dapil saya," ungkapnya.


Dikatakan Johan, ada beberapa konflik agraria yang tidak kunjung usai, dan sampai saat ini masih menjadi sorotan serta belum terselesaikan. Selain itu, dirinya juga berharap dapat memperjuangkan kesejahteraan buruh, petani, nelayan dan rakyat yang termarjinalkan. Seperti para penarik betor, sopir angkot, pemulung dan masih banyak lagi lainnya.


"Banyak yang bertanya kepada saya kenapa memilih PSI sebagai kendaraan politik untuk maju sebagai calon anggota dewan, sebab PSI bagian dari representasi kaum muda yang masih bersih dari kepentingan politik kotor, pemberani dan anti korupsi. Insya Allah, baik saya maupun PSI nantinya akan terus berupaya untuk memperjuangkan hak masyarakat miskin, yang termajinalkan," pungkasnya.*


(R - 1)

TerPopuler