Puncak Peringatan HUT Ke-49 Kabupaten Agara Dilaksanakan Sederhana dan Tidak Hilangkan Tradisi

Monday, June 26, 2023, 20:50 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Agara - Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) yang ke-49 tahun berlangsung dengan hikmat dan sederhana. Upacara digelar di lapangan Jenderal Ahmad Yani Kutacane, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Senin (26/6/2023) sekira pukul 08.30 Wib.

Sebelum upacara dimulai, seluruh Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkumpul di pendopo Bupati Aceh Tenggara, sekira pukul 06.45 Wib. Untuk melaksanakan ziarah ke makam pahlawan yang berda di Desa Lawe Sagu Kecamatan Lawe Bulan dan Makam H.Syahadat, pendiri Kabupaten Aceh Tenggara yang bertempat di Desa Mbarung Kecamatan Babussalam.

Seluruh tamu undangan yang mengikuti Forkopimda ikut melakukan pelaksanaan tabur bunga di makam Pahlawan dan Makam Pendiri Kabupaten Aceh Tenggara (Agara).

Setelah itu, tamu undangan serta Forkopimda berkumpul kembali di Pendopo Bupati Agara, sekira pukul 08.00 Wib, untuk menghadiri upacara Bendera peringatan Hari Jadi kabupaten Aceh Tenggara yang Ke-49. yang di gelar di lapangan Jenderal A.Yani. Kutacane.

Pj. Bupati Agara Drs. Syakir, M.Si., didampingi, anggota DPR RI, H.M. Salim Fakhri, S.E., M.M., Ketua DPRK Deny Fibrian Roza, S.STP., M.Si., bersama Kapolres Agara AKBP R.Doni Sumarsono, S.I.K., M.H., dan Dandim 0108/Agara, Letkol, Inf, Muhammad Sujoko, serta seluruh Forkopimda dan peserta upacara lainnya tampak serasi dengan mengenakan pakaian khas adat Alas (Mesikhat Alas). 


Peringatan hari jadi ini diawali dengan pembacaan sejarah singkat pembentukan Kabupaten Aceh Tenggara oleh Ketua DPRK Deny Febrian Roza, yang dihadiri sejumlah tokoh yang merupakan saksi sejarah dalam pembentukan Kabupaten Agara, sebelumnya tergabung dengan Kabupaten Aceh Tengah hingga memisahkan diri pada tahun 1974.

Pj.Bupati Agara Syakir dalam sambutannya mengatakan, "pembangunan di Bumi Sepakat Segenep ini bisa suksess atas kerja sama antara legislatif dan eksekutif juga atas semua dukungan komponen masyarakat, pada umumnya masyarakat Aceh Tenggara," katanya.

Penghargaan yang sangat mendalam juga kepada para tokoh-tokoh atas jasa-jasa dan perjuangan yang telah membentuk Kabupaten Agara. Hal ini tak terlepas hanya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat kabupaten Aceh Tenggara.

"Kami ucapkan banyak terima kasih atas segala jasa dan perjuangan para tokoh-tokoh yang telah berjuang dalam mendirikan Kabupaten Agara ini,” kata Syakir.

Sebelumnya, rangkaian peringatan hari jadi ke-49 Agara ini diawali dengan berbagai acara yang berlangsung selama tiga hari seperti gotong- royong, live streming bersama tokoh pejuang Kabupaten Agara, pergelaran pameran pembangunan dan arung jeram di sungai Alas yang juga salah satu venue PON 2024.


Dalam peringatan, HUT ke-49 tahun ini, Pemkab Agara mengusung semboyan "Mari Turunkan Stunting dan Inflasi Untuk Mewujudkan Aceh Tenggara Unggul Dalam SDM, Sukses Tahapan Pemilu dan PON 2024,” katanya lagi. 

Lalu di akhir Pidato dilanjukan dengan penampilan Drum Band dari Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Kodim Kutacane.

Usai menggelar upacara, secara simbolis Pj. Bupati Syakir menyerahkan bingkisan  kepada dua tokoh pemekaran Kabupaten Agara yang hadir yakni  Abdul Rahim dan Sahbudin sebagai bentuk  penghargaan atas jasa mereka dalam memperjuangkan kabupaten ini.

Dengan diakhiri acara Zikir dan do'a bersama, di Masjid At-Taqwa Kutacane dan dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur bersama.*

(Dalisi)

TerPopuler