Sekda Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Jelang HBKN Idul Adha

Senin, 19 Juni 2023, 20:31 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si. mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengendalian inflasi daerah menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha tahun 2023, Senin (19/6/2023).

Rakor rutin pengendalian inflasi yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian secara virtual dari Pola Utama Kantor Bupati ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, OPD Terkait, serta Kepala Bagian Ekonomi Lingkup Sekretariat Daerah Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

Mendagri Tito Karnavian, dalam pengantarnya mengemukakan, terdapat perbedaan pola konsumsi antara Idul Fitri dan Idul Adha. Masyarakat Indonesia cenderung merayakan Idul Fitri lebih besar dari pada Idul Adha.

"Potensi inflasi dari sisi permintaan pada periode Idul Adha masih dibawah periode Lebaran dan Idul Fitri. Potensi inflasi dari sisi penawaran sangat dipengaruhi oleh pasokan dari produsen dan stok ditingkat pedagang," katanya.

Ditambahkan Direktur Statistik Harga BPS Windhiarso Putranto, jika HBKN bertepatan dengan panen/panen raya komoditas (khususnya bahan pangan), maka inflasi dapat diredam.*

(DN)

TerPopuler

Whatsapp-Button