Wakil Bupati Buka Raimuna Cabang XII Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun Tahun 2023

Friday, June 23, 2023, 21:02 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun, di wakili Wakil Bupati H Zonny Waldi selaku Kakwarcab (Ketua Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Simalungun secara resmi membuka Raimuna Cabang XII Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun Tahun 2023, ditandai dengan pemukulan kentongan, Jum'at (23/6/2023).

Raimuna Cabang XII Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun Tahun 2023 berlangsung mulai 22-25 Juni 2023, yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang) Gerakan Pramuka Simalungun, Jalan Asahan Km 6,5 Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut.

Raimuna Cabang XII ini mengusung tema "Mewujudkan Generasi Muda Yang Hebat dan Berkualitas Dalam Menyongsong Masa Depan", dengan slogan "Mandiri, Tanggap dan Berkarakter", serta membawakan motto "Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan".

Dalam sambutanya, Kakwarcab Gerakan Pramuka Simalungun H. Zonny Waldi menyampaikan, bahwa kegiatan Raimuna merupakan gabungan dari kegiatan pertemuan Pramuka penegak dan pandega putra putri.

Raimuna juga merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktifitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif dalam bentuk perkemahan. 

Disampaikan Kakwarcab, Pramuka merupakan sebuah benteng yang penting dalam mendidik, membina dan mempersiapkan generasi muda, khususnya generasi muda di Kabupaten Simalungun.

"Di usia adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega, ini adalah masa yang penuh gejolak. Oleh sebab itu adanya suatu pola pembinaan dan pendidikan yang tepat, untuk membina dan membentuk karakter adik-adik," kata Kakwarcab.


Menurut Kakwarcab, perilaku generasi muda saat ini masih kontradiktif dengan nilai-nilai karakter bangsa. Pergeseran karakter ini perlu kita sikapi bersama. 

"Salah satunya melalui upaya menggalakkan Gerakan Pramuka dalam pembentukan karakter kaum muda, dan meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa," sebut Kakwarcab.

Selanjutnya, Kakwarcab menyampaikan, Pemkab Simalungun menyambut baik segala kegiatan kepemudaan sebagai upaya memberikan wadah kegiatan yang positif. Gerakan Pramuka diharapkan dapat mencetak kader pemimpin masa depan bangsa, khususnya Kabupaten Simalungun.

"Raimuna ini diharapkan menjadi salah agenda positif bagi generasi muda untuk saling bertukar pengalaman, pengetahuan, mempererat silaturrahmi dan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pemerataan pembangunan," kata Kakwarcab.

Sebelumnya, Ketua Sangga Kerja Triadi Setiawan melaporkan, kegiatan Raimuna Cabang ini diikuti 650 peserta, yang berasal dari SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Simalungun.

Sasaran kegiatan Raimuna Cabang  tersebut antara lain untuk meningkatkan kualitas Pramuka Penegak dan Pandega se-Kwarcab Simalungun, dalam hal kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan global.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama berlangsungnya Raimuna Cabang dimulai 22-25 Juni 2023 antara lain, kegiatan umum, kegiatan rutin dan giat adventure.*

(PN)

TerPopuler