Akibat Hama Tikus, Kapolsek Tanah Jawa Ikut Berburu Tikus Bersama Warga

Friday, July 28, 2023, 21:29 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Hama tikus sawah yang meresahkan warga di daerah Tanjung Pasir, Kabupaten Simalungun menjadi perhatian serius oleh Kapolsek Tanah Jawa Kompol M. Nainggolan, S.H., M.Si.

Pada hari Jumat 28 Juli 2023 mulai pukul 09.00 Wib, Kapolsek Tanah Jawa bersama dengan warga masyarakat Tanjung Pasir melakukan kegiatan perburuan tikus sawah di perladangan.

Kegiatan ini merupakan inspirasi dari Kapolsek Tanah Jawa bersama Pangulu Tanjung Pasir, untuk menggerakkan petani padi Tanjung Pasir dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan melakukan percepatan pola tanam tanaman padi, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi para petani. 

Kegiatan perburuan tikus sawah ini mendapat dukungan penuh dari warga Tanjung Pasir, sehingga hama yang mengganggu tanaman padi dapat berkurang dan hasil panen dapat meningkat.

Kegiatan perburuan tikus sawah ini melibatkan sekitar 230 orang warga petani Tanjung Pasir, yang dibagi menjadi 2 kelompok untuk memburu hama tikus di lahan pertanian seluas kurang lebih 208 hektar. 


Melalui kegiatan ini, warga petani Tanjung Pasir berhasil menangkap sebanyak 140 ekor tikus, yang akan membantu mengurangi kerugian akibat serangan tikus sawah.

Pada kegiatan perburuan tikus sawah ini, selain Kapolsek Tanah Jawa Kompol M. Nainggolan, S.H., M.Si., hadir juga Pangulu Tanjung Pasir R. Butar-Butar, para Gamot Tanjung Pasir, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, memberikan manfaat yang signifikan bagi para petani Tanjung Pasir.

Kompol M. Nainggolan menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan kerjasama warga dalam kegiatan perburuan tikus sawah. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam mengatasi permasalahan hama tikus sawah yang merugikan. 

Polres Simalungun juga akan terus mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan hama tikus sawah, guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Simalungun.*

(PN)

TerPopuler