Bupati Anwar Sadat Buka Secara Resmi SLCN Provinsi Jambi Tahun 2023

Thursday, July 6, 2023, 17:35 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. membuka secara resmi Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan (SLCN) Provinsi Jambi 2023, dengan tema "SLCN Nelayan Hebat, Selamat dan Sejahtera", Kamis (06/07/2023).

Kegiatan tersebut digelar di Balai Pertemuan Kantor Bupati Tanjab Barat, turut dihadiri Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jambi, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Kepala BMKG Wilayah Ciputat, Para Kepala OPD Setda Tanjab Barat, Pejabat Tinggi Pratama Administrator Lingkup Pemkab Tanjab Barat, dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyambut baik serta mengucapkan apresiasi kepada BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha Jambi, yang telah menggelar acara Sekolah Lapangan Cuaca Nelayan Tahun 2023.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat menyambut baik serta mengapresiasi kepada BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha Jambi, yang telah menggelar acara SLCN ini. Mudah-mudahan kegiatan yang sangat baik ini dapat memberikan manfaat dan dampak yang berarti bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, khususnya masyarakat dengan profesi Nelayan," ucap Bupati.

Bupati juga mengatakan, bahwa dengan kondisi geografis Kabupaten Tanjab Barat yang bersinggungan dengan laut, menjadikan sebagian besar masyarakat - masyarakat berprofesi sebagai nelayan. 

"Bahkan, sektor perikanan merupakan salah satu komoditas unggulan yang menjulang perekonomian masyarakat Tanjung Jabung Barat," tambahnya.

Bupati berharap kepada para nelayan yang menjadi peserta SLCN, agar dapat mengikuti giat dengan serius dan aktif saat berdiskusi, menanyakan berbagai hal yang berhubungan dengan materi yang disampaikan oleh pengajar atau pemateri. 

"Kegiatan SLCN ini sangatlah penting dalam menambah wawasan dan pengetahuan para nelayan, yang mana kondisi cuaca sangat berpengaruh dalam aktivitasnya. Dengan wawasan dan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini, dapat mengurangi resiko ataupun potensi bahaya yang timbul dari kondisi cuaca yang sering tidak menentu. Dan dengan bekal pengetahuan dari sekolah ini, diharapkan bisa meminimalisir adanya kerugian atau hal-hal yang tidak diinginkan termasuk keselamatan diri saat turun mencari ikan di laut," ungkap Bupati.

Sementara, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha Jambi Ibnu Sulistyono, S.E., M.A.P., dalam sambutan dan laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan pelaksanaan SLCN adalah untuk memberikan bekal pengetahuan terkait layanan informasi cuaca dan iklim maritim dari BMKG, dan diharapkan peserta dapat lebih meningkatkan keterampilan dalam mengakses, membaca, menindaklanjuti, menyebarkan informasi cuaca, iklim maritim dan informasi prakiraan lokasi ikan dari sumber terpercaya.

"Dengan SLCN ini, diharapkan nelayan mampu mengubah paradigma dari nelayan melaut mencari ikan menjadi nelayan melaut menangkap ikan. Pada akhirnya, nelayan berangkat sehat, pulang selamat, serta hasil tangkapan melimpah," harapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati Tanjung Jabung Barat serta foto bersama seluruh peserta SLCN.*

(DN)

TerPopuler