Kapolres Jembrana Hadiri Acara Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Bintara Polri Gelombang II T.A. 2023 Secara Zoom

Thursday, July 20, 2023, 10:03 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Bertempat di Aula Polres Jembrana, telah dilaksanakan Acara Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Bintara Polri Gelombang II T.A. 2023 secara Zoom, pada Rabu (19/07/2023) pukul 17.55 Wita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., Kabag SDM Polres Jembrana Kompol M. Didik Wiratmoko, S.H., M.M., Kasi Propam Polres Jembrana diwakili Anggota Sie Propam Bripka Boby Pratama, Kasi Was Polres Jembrana Ipda Ivan Adrianto Johan, Panitia Pabanrim Polres Jembrana, para Peserta Seleksi Bintara PTU Polres Jembrana (41 orang) dan Polwan (1 orang), serta para orang tua peserta seleksi.

Adapun rangkaian kegiatannya diawali dengan pemutaran video pendek persembahan Polda Bali dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Kemudian lanjut dengan arahan dan pembukaan sidang oleh Waka Polda Bali Brigjen Pol Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum., Dimana dalam kesempatan tersebut Wakapolda Bali mengajak seluruh para hadirin untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan limpahannya kita semua dapat hadir bersama di gedung PRG Polda Bali dalam kegiatan Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Penerimaan Bintara Polri Gelombang II tahun 2023 dalam keadaan sehat.

"Selamat kepada seluruh peserta penerimaan yang telah berhasil menyelesaikan seluruh tahapan seleksi semoga perjuangan adik-adik sekalian dapat membuahkan hasil terbaik," ucap Wakapolda.

"Besar harapan kami adik-adik sekalian dapat lulus menjadi seorang Bintara Polri yang berintegritas. Memasuki era digitalisasi seperti sekarang ini, perkembangan masyarakat yang semakin kompleks menuntut Polri bagi pengemban Kamtibmas untuk senantiasa melakukan perbaikan dan transformasi pada setiap bidang organisasi," ucap Wakapolda.

Lebih lanjutnya disampaikan, kita ketahui Polri memiliki landasan filosofis Rastra Sewa Kotama yang mengandung makna bahwa Polri merupakan abdi utama masyarakat, hal tersebut berarti bahwa Polri diciptakan untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan filosofi naskah Rastra Sewa Kotama.

"Setiap anggota Polri harus memiliki kompetensi dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari. Selain itu setiap anggota Polri harus melek teknologi dan mampu mengoperasionalkan perangkat teknologi dan informasi dengan baik. Selain itu secara prinsip setiap anggota Polri harus memiliki kecakapan fisik dan akademisi yang baik untuk mengakomodir dinamika permasalahan yang terjadi dalam masyarakat guna mewujudkan SDM Polri yang berkualitas," kata Wakapolda.

Sambungnya, Polda Bali melalui Biro SDM Polda Bali secara konsisten melaksanakan penyiapan anggota Polri dengan mengedepankan prinsip betah transparan akuntabel dan humanis yang disingkat BETAH.

"Secara profesional kami menyadari bahwa pengelolaan dan pembinaan SDM merupakan salah satu aspek penting bagi kelangsungan Polri ke depannya karena melalui penerimaan yang baik tentunya akan menghasilkan bibit-bibit terbaik guna mewujudkan Polri yang tangguh terdepan dan humanis," terang Wakapolda.

"Penerimaan Anggota Polri gelombang II Tahun Anggaran 2023 yang kita laksanakan saat ini telah berlangsung lebih dari 3 bulan sejak bulan April hingga bulan Juli 2023, saya merasa bangga karena penerimaan Bintara Polri kami ini kali ini kembali mendapatkan respon positif dari masyarakat terbukti dengan tingginya animo peserta untuk mengikuti penerimaan berita laporan ini selain Bintara tugas umum pada penerimaan Bintara Polri tahun ini Polri juga membuka pendaftaran untuk Bintara Brimob, Bakomsus Nakes," ungkapnya di hadapan para hadirin.

Sejak pendaftaran dibuka tercatat sebanyak 2903 orang peserta telah mendaftar namun demikian hanya 2606 orang yang lolos verifikasi untuk mengikuti mulai dari penandatanganan fakta integritas, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes psikologi, tes jasmani, dan tes antropologi serta supervisi yang turut didampingi oleh perwakilan dari Mabes Polri untuk memastikan bahwa proses seleksi telah kita laksanakan dengan baik serta bebas dari praktek korupsi, korupsi, dan nepotisme.

Pada penerimaan Bintara Polri tahun ini kami tetap melaksanakan tes menggunakan teknologi komputer CAT untuk menghindari manipulasi nilai yang terjadi di samping itu dalam setiap tahapan tes kami juga menghadirkan pengawas internal maupun eksternal untuk memastikan proses seleksi berjalan dengan baik sesuai SOP tentunya adik-adik sekalian telah merasakan sendiri bagaimana proses pelaksanaan dan pelayanan yang kami berikan selama seleksi berlangsung hal tersebut menandakan bahwa kami sangat ketat dan selektif dalam melaksanakan proses penerimaan anggota.


Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Biro SDM Polda Bali jumlah peserta penerimaan Bintara Polri tahun ini yang masih tersisa pasca kegiatan supervisi kemarin berjumlah 694 orang yang terdiri dari 650 orang laki-laki dan 44 orang perempuan.

"Pada sidang terbuka kelulusan hari Ini panitia akan menampilkan kembali hasil nilai yang telah adik-adik peroleh untuk kemudian dilakukan perengkingan, silahkan nanti dicocokkan hasil yang tertera dengan nilai masing-masing, sampaikan kepada panitia apabila ada ketidak cocokkan bahwa adik-adik sekalian sudah mengetahui dan menyimpan nilai masing-masing," terang Wakapolda.

Sebagai informasi pada penerimaan bintara sebelumnya SPN Polda Bali hanya menerima siswa sebanyak 162 orang namun demikian kita semua tentunya berharap bahwa Polda Bali akan mendapatkan kuota didik Bintara sebanyak-banyaknya dan lebih dari tahun-tahun lalu.

Pada setiap kompetisi kita ketahui bahwa ada peserta yang lulus maupun tidak lulus atau tidak terpilih kepada peserta yang dinyatakan lulus terpilih agar mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan yang akan digunakan selama pendidikan di SPN, tetap jaga fisik karena proses pendidikan nanti tentunya akan menguras tenaga dan memerlukan mental yang kuat, ikuti setiap kegiatan di lembaga pendidikan dengan baik Jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun karena bisa saja adik-adik sekalian tidak lulus mengikuti pendidikan karena melakukan kesalahan pelanggaran yang fatal.

"Pada adik-adik yang dinyatakan lulus namun belum terpilih saya berharap agar tetap semangat percayalah setiap orang yang lahir ke dunia telah membawa suratan takdirnya masing-masing," ujar Wakapolda.

"Rezeki adik-adik mungkin tidak di Kepolisian melainkan di tempat yang lain mungkin lebih tepat atau dan pantas untuk adik-adik sekalian," sambungnya.

"Kepada adik-adik yang masih berkeinginan dan berkesempatan mendaftar pada penerimaan tahun depan kami senantiasa siap membantu dan melayani untuk melakukan introspeksi diri dan belajar dari pengalaman yang didapat hari ini," ungkapnya.

"Mengakhiri sambutan ini saya mengucapkan terima kasih kepada para orang tua wali dari para peserta sekalian yang telah mendukung perjuangan anak-anaknya selama proses penerimaan Bintara Polri ini saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia penerimaan, para pengawas, internal dan eksternal dan seluruhnya pihak yang telah mendukung kelancaran proses penerimaan tahun ini semoga melalui penerimaan bintara Polri ini kita mampu mempersembahkan tunas-tunas muda yang profesional," pungkas Waka Polda Bali Brigjen Pol Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum.


Kemudian dilanjutkan dengan paparan sidang oleh Kabag Dalpers Biro SDM Polda Bali, verifikasi dan pencocokan nilai, pengumuman penerimaan kuota khusus, dan pengumuman kuota Gelombang II Tahun 2023 Polda Bali sebanyak 194 orang, terdiri dari PTU Pria 186 orang dan 8 orang Polwan, Rekpro 33 orang terdiri dari 31 orang Pria dan 2 orang wanita, Kouta Khusus Kesehatan 4 orang. Bintara Brimob Reguler Gelombang II Tahun 2023 sebanyak 14 orang, 17 orang Gelombang I Tahun 2024, Bintara Polair 1 orang.

Kuota Pabanrim Polres Jembrana yaitu sebanyak 13 orang PTU Pria untuk Gelombang II Tahun 2023 :

1. (I Pt Riska Satia P)
2. (I Pt Apriana Susyantara)
3. (I Km Indra Waspada Yudha Y)
4. (Gede Gangga Ardiasa)
5. (I Km Chuta Dumariana)
6. (I Km Aditya Mahardika P)
7. (Md Dony Prasetya R.)
8. (I Kd Ferdi P)
9. (Bayu Eka p)
10. (I Pt Artha Juardi)
11. (I Km Gd Riski P)
12. (Md Saha Adi D)
13. (I Km Winaba)

Kuota Khusus : Ni Putu Widya Indrayani (Polwan)

Kuota Pabanrim Polres Jembrana yaitu sebanyak 8 orang PTU Pria untuk Gelombang I Tahun 2024 :

1. (I Kd Yuki Premana)
2. (I Pt Agus Suandita)
3. (Samuel Kinson S)
4. (I Kd Agus Juniawan)
5. (Gst Made Jinar M)
6. (I Pt Dimas Yoga P)
7. (I Km Yoga Saputra)
8. (Muhamad Aditya Maulana)

Sebagai catatan bagi peserta yang dinyatakan lulus tidak terpilih dapat ditawarkan untuk masuk pada penerimaan pada Tamtama Brimob dan Tamtama Polair.*

(Made Budi/Hms)

TerPopuler