Ribuan Bungkus Rokok Tanpa Pita Cukai Diamankan Polres Jembrana

Wednesday, July 12, 2023, 16:29 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Sekitar 10 ribu bungkus rokok merk LM dan Luxio berhasil diamankan pihak Kepolisian Resor Jembrana, Provinsi Bali.

Barang bukti yang berhasil diamankan petugas kepolisian diantaranya 6 ribu bungkus rokok LM isian 20 batang, 2 ribu bungkus rokok Luxio isian 20 batang dan 2 ribu bungkus rokok Luxio isian 16 batang.

"Sekitar 10 ribu bungkus rokok tanpa pita cukai ditemukan pada mobil Isuzu Pickup yang terlibat lakalantas, pengecekan oleh unit Laka setelah berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Jembrana pada tanggal 11 juli 2023," kata Kasat Reskrim Androyuan Elim saat Pers Release, Rabu (12/7/23).

Menurut Androyuan, pengakuan terduga pemilik MAI asal Situbondo bahwa ribuan bungkus rokok hendak dibawa ke Denpasar disembunyikan didalam karung berisi sekam diantara tumpukan dedak pada mobil Isuzu Pickup tersebut.

Androyuan menambahkan, ribuan bungkus rokok dibeli pelaku seharga 33 juta rupiah di daerah Jawa Timur, dimana harga per bungkus menurut informasi dijual dibawah 5 ribu per bungkus.


Androyuan juga menjelaskan, bahwa berdasarkan pengakuan pelaku baru pertama kali melakukan, tapi tetap akan dilakukan pengembangan.

"Selanjutnya, sejumlah barang bukti dan penanganan pelaku hari ini juga akan diserahkan ke pihak Bea Cukai untuk pengembangan dan penanganan lebih lanjut," kata Androyuan.

Sementara pihak Bea Cukai Denpasar, Faizal saat serah terima barang bukti mengatakan, sangat berterima kasih atas bantuan dan kerjasama dari pihak Kepolisian Polres Jembrana.

Faisal mengungkapkan, ke depan harus lebih ditingkatkan lagi sinergitas dengan pihak aparat penegak hukum, untuk mengantisipasi masuknya rokok ilegal.

"Selanjutnya, di kantor kita akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan dan tindakan penanganan," kata Faizal.*

(Made Budi)

TerPopuler