Bupati Simalungun Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Simalungun Tahun 2023

Tuesday, August 15, 2023, 17:32 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga  mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Simalungun, di Harungguan Djabanten Damanik Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (15/8/2023).

Paskibra Kabupaten Simalungun tahun 2023 yang di kukuhkan tersebut akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang di Kabupaten Simalungun.

Pengukuhan Paskibra ini ditandai dengan pelepasan tanda pelatihan, pemasangan kendit dan PIN oleh Bupati kepada dua orang perwakilan Paskibraka, dilanjutkan dengan pengucapan Ikrar Paskibra sebari memegang bendera merah putih.

"Saya Bupati Simalungun dengan resmi mengukuhkan anak-anak ku sebagai pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Simalungun," ucapnya.

"Semoga anak-anak dalam lindungan Tuhan dengan Tugas Mulia sebagai Paskibra Kabupaten Simalungun tahun 2023," kata Bupati saat mengukuhkan 50 orang Paskibraka.

Bupati Simalungun mengatakan, menjadi Paskibra merupakan sebuah kebanggaan sekaligus mengandung makna tanggungjawab yang sangat besar karena eksistensi dari Paskibra merupakan salah satu bentuk wujud pembinaan generasi muda yaitu untuk menggelorakan semangat kebangsaan, cinta tanah air, bela negara, kepeloporan dan kepemimpinan, disiplin serta berbudi pekerti luhur.

"Kalian semua adalah generasi muda Kabupaten Simalungun, pilihan dari berbagai sekolah, telah melalui berbagai seleksi yang ketat dan cermat dan selanjutnya ditempa dengan penuh disiplin dengan esensi pembinaan yang mencakup kepribadian, wawasan kebangsaan, cinta tanah air serta bela negara," kata Bupati.

“Kami optimis dengan semangat kebersamaan untuk satu tujuan yang telah terbina dan dibina dengan baik selama mengikuti pendidikan dan pelatihan ini, kalian semua diharapkan mampu dan berhasil dalam menjalankan tugas tersebut," sambung Bupati.


Menurut Bupati, Pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan, yang tidak boleh berhenti seiring dengan momentum Peringatan Hari Ulang Tahun Ke- 78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023. Jiwa Nasionalisme, patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk harus dijadikan sebagai bagian dari kepribadian dan senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sebagai putera-puteri Indonesia pilihan, kalian harus mampu memberikan energy positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat. Tumbuh kembangkanlah semangat membangun bangsa, memajukan negeri, membanggakan daerah asal kalian melalui kontribusi positif di masa depan," tuturnya.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh orang tua Paskribraka yang tanpa lelah senantiasa mendoakan, mendorong dan memotivasi anak-anaknya sehingga mampu bertahan dalam alur proses seleksi dan latihan yang sangat berat," ujar Bupati.

"Anak-anak kita ini telah dikukuhkan dan diberi amanah mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka  pada Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini," imbuh Bupati

"Kepada para Pembina, Pembimbing, Pelatih dan Panitia, saya juga menyampaikan penghargaan serta mengucapkan terima kasih atas segala jerih payah serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Simalungun ini untuk menjadi anggota Paskibraka pada Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia," ungkapnya.

"Jiwa kepemimpinan, kepeloporan dan semangat bela negara yang telah ditanamkan selama proses latihan dapat tumbuh kuat, sehingga anak-anak ini dapat menjadi generasi emas dengan kontribusi yang luar biasa terhadap bangsa," sebut Bupati.

"Kepada anggota Paskibraka, Bupati, mengajak agar menanam di dalam hati prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa dan Negara Republik Indonesia. "Harumkan nama keluarga, sekolah, masyarakat, daerah, bangsa dan negara, serta menjadi teladan yang baik bagi sesama dimanapun berada," pungkas Bupati.*

(PN)

TerPopuler