Plt. Sekda Agara Buka Bimtek Aceh CMS 4.0 Tahun 2023

Wednesday, August 2, 2023, 14:25 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Agara - Dinas Kominfo Aceh Tenggara kali ini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aceh Content Management System (CMS) 4.0 Tahun 2023, di ruang Aula Dinas Kesehatan setempat, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan bimtek itu dibuka Plt. Sekda Aceh Tenggara Yusrizal, S.T., di hadiri Kadis Kominfo Zul Fahmy, S.Sos., Sekretaris Komunikasi dan Informatika Aceh Tenggara Drh. Karnodi M, M.A., Kabid Teknologi Informasi Dinas Kominfo Ali Amran, S.H.

Sekda Aceh Tenggara Yusrizal menyampaikan, dalam era globalisasi saat ini pengetahuan tentang teknologi informasi sangat penting di semua lini kehidupan. "Informasi begitu mudah dan cepat untuk kita dapat mengetahui berbagai macam media baik dari media cetak maupun media sosial, sehingga kita sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan harus bisa dan mampu bersaing dalam hal pengetahuan tentang teknologi informasi ini," ucapnya.

"Berdasarkan undang undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, maka kita dituntut agar dapat memberikan layanan informasi yang akurat dan akuntabel. Dan update serta mampu mengolah informasi itu, sehingga masyarakat yang mengakses dapat dengan mudah memahaminya," ucap Sekda kembali.

Berdasarkan hal tersebut, jelas Yusrizal, maka pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melaksanakan kegiatan bimbingan teknis mengenai Aceh CMS, yang merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk membuat, mengelola dan mengatur konten digital dengan mudah.


Dalam hal ini website yang ada di seluruh OPD, yang ada dilingkungan Kabupaten Aceh Tenggara CMS memungkinkan pengguna, terutama yang tidak memiliki pengetahuan teknis mendalam tentang mengelola konten di situs website dengan tampilan halaman website yang sederhana dan Informatif.

Dalam era digital pada saat ini, ujarnya, pergeseran dominasi teknologi digital ini mencakup periode waktu, di mana teknologi digital menjadi sangat dominan dalam berbagai aspek kehidupan manusia termasuk komunikasi informasi hiburan, bisnis, pendidikan dan sebagainya.

"Dalam mengikuti bimtek ini, kami mengharapkan kepada seluruh peserta lebih fokus dan serius, yang nantinya berguna untuk meningkatkan kompetensi para peserta di bidang digital OPDnya masing masing. Setelah melaksanakan bimtek ini seluruh admin pengelola website OPD dan instansi instansi masing masing mampu meningkatkan kualitas dalam pengelola website yang lebih baik lagi, dan menangkal penyebaran berita hoax yang beredar di lingkungan Kabupaten Aceh Tenggara," tutup Plt. Sekda.

Sebelumnya, laporan singkat dari Kadis Kominfo Aceh Tenggara Zul Fahmy, S.Sos., yang menyebutkan, bahwa bimtek Aceh CMS ini dilaksanakan berlangsung selama dua hari, yang aka terakhir pada 3 Agustus 2023.

"Nantinya bagi peserta akan dibagi menjadi dua angkatan. Namun dia berharap, agar peserta bersungguh sungguh untuk mengikutinya, supaya ilmu yang didapatkan mampu mengelola dan memfungsikan website masing-masing," pungkasnya.*

(Tim)

TerPopuler