Pangdam Pattimura Tinjau Latihan Menembak Senjata Kendaraan Tempur Denkav 5/BLC

Wednesday, September 6, 2023, 19:43 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Kairatu - Menembak Senjata Kendaraan Tempur merupakan kemampuan teknis yang harus dimiliki oleh personil Satuan Kavaleri dengan jabatan, Tamtama Penembak Senjata Kendaraan Tempur maupun Komandan Kendaraan yang memimpin Kendaraan Tempur tersebut. 

Denkav 5/BLC sebagai Satuan Kavaleri yang mengoperasikan Kendaraan Tempur jenis Tarantula, senjata Canon 90mm dan Granade Laucher (AGL) 40mm serta Senjata Mesin Sedang 7,62 mm, melaksanakan latihan menembak senjata kendaraan tempur bertempat di wilayah Pegunungan Basawa, Desa Eti Kabupaten Seram Bagian Barat, Rabu (6/9/2023).

Komandan Denkav 5/BLC Mayor Kav. Arkom Fajri Romadon selaku pimpinan umum latihan, menjelaskan mekanisme pelaksanaan menembak Senjata Kendaraan Tempur, juga menyampaikan tujuan latihan ini adalah untuk mengasah kemampuan prajurit dalam menembak senjata Ranpur, baik itu Danton, Baton, Danran, Danrubu dan Tabaknon serta Tabak SMS yang ada di satuan saat ini, agar berkualifikasi dan harus mampu melaksanakan penembakan Ranpur, berkaitan dengan tugas operasi.

Dalam pelaksanaan latihan menembak Senjata Kendaraan Tempur Denkav 5/BLC, ditinjau langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., yang didampingi Asisten Operasi Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Budi Santosa dan Pabanda Latsat Mayor Kav Farisun Sopsdam XVI/Pattimura. Dalam peninjauannya, Pangdam Pattimura merasa puas dengan kemampuan para prajurit Denkav 5/BLC yang serius melaksanakan latihan menembak tersebut. 


Pada latihan kali ini, Pangdam Pattimura berkenan mencoba menembak dengan menggunakan senjata Canon 90mm pada kendaraan tempur Tarantula.

"Prajurit Kavaleri harus mahir menembak senjata berat kendaraan tempur, sesuai dengan motto prajurit Kavaleri "Tri Daya Cakti", yaitu daya gerak, daya tembak dan daya kejut," pesan Pangdam kepada prajurit Denkav 5/BLC.

Usai meninjau pelaksanaan menembak Senjata Kendaraan Tempur Denkav 5/BLC, Pangdam juga berkesempatan menyambangi pos-pos Satgas yang ada seperti, Pos Ramil Alang Asaude Desa Waesala dan Pos Kout Satgas Yonarmed 1 Kostrad, Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pangdam menyapa personil Satgas yang ada di pos kemudian memberikan bingkisan sembako dan berpesan, untuk menanamkan prinsip bekerja dengan hati, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler