Pemkab Simalungun Laksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H

Wednesday, October 11, 2023, 18:54 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1445 H/2023 M di Halaman SMA Negeri 1 Ujung Padang, Simalungun, Sumut,  Rabu (11/10/2023).

Kegiatan keagamaan umat Islam ini di hadiri langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasholan Sinaga bersama Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Danrem 022/PT diwakili Lekol Arm Didit Prastyo (Kasilog), Dandim 0207 diwakili Kapten Inf Prawoto, Kapolres diwakili AKP Restuadi, Ketua Pengadilan Agama Nuzul Lubisdan Kakan Kemenag Simalungun Ahmad Sofian.  

Bupati Simalungun dalam sambutannya antara lain menyampaikan, melalui momen Maulid memperat silaturahmi diantara kita.

"Dan inilah yang saat ini kita jalankan di dalam pemerintahan. Harapan tentu, peringatan Maulid ini jangan hanya acara seremonial, tetapi mari kita wujud nyatakan di dalam kehidupan kita sehari-hari," ajak Bupati

Sisi lain, Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun saat ini tidak dalam kondisi baik-baik saja,  terutama dalam hal narkoba. 

Simalungun sudah sangat mengkhawatir dalam peredaran Narkoba. "Untuk itu, saya mengajak kita semua, melalui momen Maulid ini, mari sama-sama kita entaskan peredaran dan mencegah narkoba ini di Simalungun," ajak Bupati.

Menurut Bupati, Narkoba saat ini sudah sangat berbahaya, mental anak-anak menjadi rusak, keamanan dan ketertiban menjadi terganggu. "Inilah dampak dari bahaya narkoba," tandas Bupati. 

Sebelumnya, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah dan panitia serta seluruh masyarakat atas pelaksanaan peringatan maulid. 

"Kami berharap, peringatan ini tidak hanya sekedar seremoni, akan tetapi merupakan momentum penting untuk meneladani Nabi Besar Muhammad," kata Timbul. 


"Kita tidak hanya sekedar berkumpul, tapi lewat peringatan ini,  bagaimana iman kita semakin tumbuh dan berkembang, sehingga satu sama lain saling mencintai," ujar Ketua DPRD di dampingi Anggota DPRD Handra Sukmana Sinaga dan Maryono.

Kemudian, Timbul mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Simalungun. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut diawali dengan sholawat Al Ijratul dibawakan oleh siswa/i SMA Negeri 1 Ujung Padang.

Selanjutnya dilaksanakan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Basti Rizki Sinaga, dengan saritilawah disampaikan oleh Salwa Nabila Az Zahra. Do'a pembuka di bawakan oleh Ketua MUI Simalungun H Ki Darjat Purba.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diakhiri penyampaian tausyah oleh Al Ustadz Anugrah Cahyadi (Ucai). Dihadiri sekitar 1500 massa, terdiri dari para ASN, ormas Islam dan masyarakat. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 50 orang. 

Dilokasi acara itu juga di gelar layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simalungun, dan layanan kesehatan oleh Dinas Kesehatan.

Ada stand bazar produk unggulan UMK Kecamatan Ujung Padang, dan pasar murah yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdangan dengan harga Rp. 25.000,- per paket. 

Pasar murah ini menyediakan 200 paket. Dimana setiap paketnya berisikan minyak makan 1 liter, tepung roti 1 Kg,  gula pasir 1 Kg dan 1 kaleng susu kental manis. Pasar murah ini menyediakan 200 paket.*

(PN)

TerPopuler