Polres Simalungun Berhasil Tangkap Pengedar Narkoba di Bangunan Kosong Perladangan

Rabu, 22 November 2023, 19:25 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kepolisian Resor Simalungun melalui Sektor (Polsek) Perdagangan mengamankan HA (22), seorang pengangguran warga Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Penangkapan terjadi pada Jumat sore di sebuah bangunan kosong yang terletak di tengah perladangan ubi kayu di Hutan Jati Rejo, Nagori Partimbalan, Kecamatan Bandar Masilam. Rabu (22/11/2022)

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Polres Simalungun Iptu Verry Jhonson Purba ketika dikonfirmasi membenarkan adanya informasi tersebut, "benar bahwa Polres Simalungun melalui Polsek Perdagangan berhasil mengamankan seorang pria berinisial HA (22), Pada hari Jumat 17 Nopember 2023, sekira pukl6 15.00 wib, yang diduga melakukan Penyalahgunaan Narkotika jenis Sabu di dalam bangunan kosong di Huta Jati Rejo Nagori Partimbalan Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun," jelas Verry.

Kasi humas menjelaskan, "kronologis penangkapan bermula dari informasi masyarakat yang diterima oleh AKP J. Panjaitan, SH, Kapolsek Perdagangan, terkait adanya transaksi narkoba yang dilakukan oleh tersangka. Merespon laporan tersebut, Kapolsek memimpin timnya langsung ke lokasi yang disebutkan masyarakat untuk melakukan penggerebekan.

Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), tim yang dipimpin langsung oleh Kapolsek berhasil mengamankan HA (22) tanpa perlawanan. Dari tangan tersangka ditemukan dua klip plastik ukuran sedang, yang masing-masing berisi sabu dengan berat brutto 4,39 gram dan 0,36 gram. 


"Selain itu, turut disita sekumpulan peralatan untuk mengonsumsi narkotika, termasuk sebuah alat isap (bong) buatan sendiri yang terbuat dari botol kecap berwarna putih, sebuah kaca pirex, serta sebuah mancis, dan saat ini sudah dilimpahkan kepada sat narkoba polres simalungun untuk proses hukum selanjutnya," ungkap IPTU Verry.

Kasi Humas Polres Simalungun IPTU Verry Jhonson Purba, menyatakan bahwa penangkapan ini adalah hasil kerja keras tim kepolisian yang didukung oleh partisipasi dan informasi dari masyarakat. Polres Simalungun beserta Polsek Sejajaran telah bertekad untuk terus memerangi peredaran narkotika di wilayah hukumnya dan menyerukan kepada warga untuk terus melaporkan kegiatan ilegal serupa.

"Dalam persidangan nanti, HA (22) akan menghadapi hukuman atas tindakannya sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia terkait penyalahgunaan dan perdagangan narkotika. Sat Narkoba Polres Simalungun bersama polsek jajaran terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui jaringan yang terlibat dalam kasus ini agar dapat memutus mata rantai peredaran narkoba di wilayah Simalungun," pungkas Verry.*

(PN)

TerPopuler