Bupati Simalungun Gelar Pertemuan Dengan Para Pengusaha Yang Ada Kecamatan Bosar Maligas

Jumat, 15 Desember 2023, 19:31 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama para pengusaha/investor yang ada di Kecamatan Bosar Maligas menggelar pertemuan terkait peran pengusaha dalam Pemeliharaan Jalan.

Gelar pertemuan antara Bupati Simalungun dengan para pengusaha/investor itu berlangsung di Simalungun Room, Shapadia Hotel, Kota Pematang Siantar, Jumat (15/12/2023). 

Pertemuan bertujuan untuk menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Bupati Simalungun dalam meninjau infrastruktur jalan di kecamatan Bosar Maligas yang kondisinya sangat memprihatinkan dikarenakan sering dilintasi kendaraan over tonase atau tidak sesuai dengan kelas jalan. 

Melihat kondisi jalan tersebut, Pemkab Simalungun merencanakan akan memasang pembatas/portal di badan jalan. Oleh karenanya Bupati Simalungun meminta peran para pengusaha/investor di Kecamatan Bosar Maligas agar turut andil bagian dalam pembenahan Infrastruktur Jalan yang ada di Kecamatan itu.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa perusahaan meminta/memohon kepada Bupati Simalungun agar jalan - jalan tersebut tidak dilakukan portal dan mereka akan berkomitmen memberikan kontribusi kepada pemerintah Kabupaten Simalungun, dalam rangka turut memelihara dan menjaga jalan.

"Kalau memang dana CSR untuk perbaikan jalan akan kita lakukan. Dan kita juga siap akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten Simalungun memberikan bantuan dalam perbaikan Jalan," ujar Irham Purba, perwakilan dari PT Huta Bayu Marsada Irham Purba.

Pengusaha lain, seperti dari PT Harkat Sejahtera Tjan Sawt menambahkan kalau mereka siap memberikan Kontribusi untuk perbaikan Jalan di Kabupaten Simalungun Khususnya di Kecamatan Bosar Maligas.

Para pengusaha juga memohon kepada Bupati Simalungun agar jalan tidak dilakukan pemortalan, sebelum hasil pertemuan ini di putuskan kontribusi apa di berikan dari para pengusaha/investor kepada Pemerintah Kabupaten untuk perbaikan dan merawat jalan.

Dalam kesempatan itu, Camat Bosar Maligas Rosmardiah Purba menyampaikan, bahwa pihak kecamatan juga telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan para pengusaha agar memberikan kontribusi dalam memperbaiki jalan.

"Dan hasil dari pertemuan, kami dengan beberapa perusahaan kalau mereka siap memberikan kontribusi untuk perbaikan jalan, akan tetapi mereka mengatakan kalau pihak perusahaan tidak bisa sepenuhnya untuk memperbaiki jalan," ujar Rosmardiah.

Sementara itu, Bupati Simalungun dalam sambutannya mengapresiasi atas kehadiran dari para pengusaha/investor yang telah hadir dalam pertemuan ini. "Dari pertemuan ini kita harapkan mendapatkan hasil demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Simalungun," ujar Bupati.


Mendengar permohonan para pengusaha/investor agar jangan di lakukan pemortalan, Bupati mengatakan, bahwa pemortalan bukan sesuatu kebijakan yang mendadak. "Tetapi kebijakan ini dilakukan berkat kajian-kajian yang sudah lama di lakukan," kata Bupati.

Menurut Bupati, dengan kebijakan - kebijakan ini akan mendapatkan konsekuensi, akan tetapi semua ini dilakukan untuk kebutuhan masyarakat. 

"Adapun pertemuan ini kita lakukan untuk mencari solusi bagaimana niat kita untuk memberikan kontribusi dalam perbaikan jalan yang ada di Kabupaten Simalungun khususnya Kecamatan Bosar Maligas," ujarnya.

"Standar pemerintah dalam perbaikan jalan itu sangat tinggi. Dan kalau standar dari bapak, dan kalau jadi hibah dari bapak kita dari Pemerintah Kabupaten Simalungun siap menerima," sebut Bupati.

"Jadi, jalan itu orang bapak aja yang mengerjakan. Tidak di haruskan dari Pemerintah yang mengerjakan," kata kepada para pengusaha/investor dalam pertemuan itu. 

Disampaikan Bupati bahwa, untuk tahun depan Pemkab Simalungun sudah merencanakan akan membeli alat berat untuk di siapkan di 2 wilayah agar bisa melakukan penanganan sementara kerusakan jalan.

"Artinya, Pemerintah Kabupaten Simalungun itu tidak akan tinggal diam. Kita juga telah melakukan upaya-upaya untuk membenahi infrastruktur Jalan yang ada di Kabupaten Simalungun," kata Bupati.

"Kalau nantinya ada bantuan perbaikan dan pembenahan jalan yang di lakukan oleh para pengusaha, kita Pemerintah Kabupaten Simalungun siap mempermudah dan membantu juga perbaikan jalan sesuai dengan kemampuan kita," sambung Bupati.

Ke depan, Bupati mengatakan, para pengusaha maupun investor agar tidak usah sungkan-sungkan dengan Pemerintah. "Saya hanya meminta kepada para saudaraku pengusaha agar kiranya membantu para Masyarakat kita yang ada di sekitar Lokasi perusahaan," pinta Bupati.

"Saya juga tidak mau, masyarakat saya di Kabupaten Simalungun itu terganggu. Dan saya meminta agar kiranya pembahasan perbaikan jalan kita ini di prioritaskan tahun depan," pinta Bupati mengakhiri.*

(PN)

TerPopuler