HUT DWP Ke-24, DWP Kabupaten Simalungun Juara 1 Lomba e-Reporting Tingkat Sumut

Kamis, 14 Desember 2023, 16:57 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS  | Simalungun - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ke-24 Tahun 2023, DWP Kebupaten Simalungun juara satu lomba e-Reporting Upload Kegiatan Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan ketua DWP Kabupaten Simalungun Ny. Bernadetta Esron Sinaga pada HUT DWP Ke-24 Tahun 2023 Kabupaten Simalungun di Pendopo Rumah Dinas Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Kamis (14/12/2023).

"Terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota DWP Kabupaten Simalungun dan unit DWP Kecamatan, atas segala atensinya mendukung kegiatan e-Reporting ini," kata Bernadetta. 

Selanjutnya, Ketua DWP Kabupaten Simalungun Ny. Bernadetta Esron Sinaga membacakan sambutan tertulis Ketua Umum DWP Ny. Franka Makarim.

"Dalam tangan anaklah terletak masa depan dalam dalam tangan ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan tersebut," tulis Ibu Kartini dalam suratnya untuk seorang temannya.

Bernadeta mengatakan, penggalan kalimat ini sekarang bisa terus kita baca ulang dan resapi maknanya dalam kumpulan surat beliau (Ibu Kartini) Habis Gelap Timbullah Terang.

"Kalimat singkat namun memiliki makna yang mendalam. Pengaruh dari hubungan yang abadi antara ibu dan anak dan tidak hanya terbatas pada lingkungan keluarga," kata Bernadetta.

Disampaikan Bernadetta, pendidikan dalam keluarga menempatkan perempuan sebagai aktor kunci didalamnya. 

Pendidikan merupakan modal utama dalam pembangunan berkelanjutan dan perempuan memiliki andil besar dalam proses perwujudannya.

Sudah sepatutnya sebagai perempuan selalu bergerak dengan penuh semangat, seperti yang selama ini berjalan dalam organisasi DWP.

"Dengan pesan yang disampaikan Ibu Kartini, pada HUT DWP ini, besar harapan saya, organisasi ini menjadi rumah bagi kita semua, sekaligus menjadi peran penting dalam menguatkan peranan perempuan Indonesia," kata Bernadetta.

HUT DWP ini mengusung tema: "Peran strategis perempuan dalam pembangunan berkelanjutan", ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun.


Sementara itu, Penasehat DWP Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan menyampaikan, di usia yang ke 24  ini diharapkan DWP semakin jaya, hebat, solid dan kompak.

"Jadilah wanita yang tangguh, mari kita majukan kabupaten Simalungun melalui DWP. Mari kita maju dan kompak selalu kedepannya," ajak Ratnawati.

Ratnawati juga mengajak DWP untuk saling bekerjasama, saling mendukung demi kemajuan Kabupaten Simalungun. "Maju nya Kabupaten Simalungun merupakan kemajuan kita bersama," ujarnya.

Kepada pimpinan OPD, Ratnawati meminta untuk mendukung program program DWP di unit kerja masing-masing, dan anggota DWP diminta untuk memberikan mendukung terhadap suami. 

"Sehebat apapun seorang ibu, dia tetap seorang ibu, untuk itu dukung suami dalam melaksanakan tugas-tugasnya," pinta Ratnawati.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Esron Sinaga mengucapkan selamat kepada DWP Kabupaten Simalungun atas prestasi yang di raih menjadi juara 1 tingkat Prov. Sumut dalam lomba e-Reporting.

"Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi DWP untuk terus andil dan berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan," kata Esron.

Selanjutnya, Esron berharap dengan momen HUT DWP ini, semua dapat memahami betapa pentingnya peran perempuan dalam pembangunan berkelanjutan, serta meningkatkan hak-hak perempuan untuk memajukan kesetaraan gender di Indonesia.

Sebagai organisasi istri ASN, tentunya memiliki peran penting mendukung kinerja ASN dalam melayani dan berkontribusi dalam pemerintahan.

"Mari kita dukung peran perempuan dalam pembangunan berkelanjutan melalui upaya-upaya untuk mencapai tujuan tersebut," ujar Sekda.

Dalam HUT DWP ini juga dilaksanakan kegiatan lomba fashion show oleh anggota DWP Kabupaten Simalungun. Diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT DWP Ke-24 Tahun 2023.*

(PN)

TerPopuler