Kapolres Badung Hadiri Upacara Penyerahan Simbol Pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya TA 2023

Sabtu, 16 Desember 2023, 14:37 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Mangupura - Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, S.I.K., menghadiri Upacara Penyerahan Simbol, Pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya TA 2023 wilayah KodamIX/Udayana TA 2023 di lapangan Umum Mengwi, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Sabtu, (16/12/2023) pagi pukul 07.00 WITA. Upacara ini dalam rangka Hari Juang Infantri ke-75 yang dipimpin langsung Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi S.I.P, M.Sc.

Tampak hadir dalam upacara tersebut 
Kalaksa BPBD Provinsi Bali  Dr. Drs. I Made Rentin, AP., M.Si., Mewakili Pj. Gubernur Bali, Ketua DPRD Provinsi Bali, Dansat Brimob Polda Bali KBP Firdaus Wulandto S.I.K., mewakili Kapolda Bali, Dan Lanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb. Agni Prayogo S.E., Dan Lanal Bali Kolonel Marinir I Dewa nyoman Gede Raka Susila, S.E., PJU Kodam IX Udayana, Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav. Angga Nurdiana, S.Sos., M.I.P., Dandim 1617/ Gianyar Letkol Inf. Eka Wira Darma, Dandim 1611/Badung. Letkol Arh Teguh Waluyo, Dandim 1619/Tabanan. Letkol Inf Riza Taufiq Hasan S.I.P., Dandim 1626/Bangli Letkol Kav. I Ketut Artha Negara, S.H., M.I.P. dan seluruh Danramil yang ada di Bali serta veteran.

Pangdam IX/ Udayana menyampaikan, kegiatan ini merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun, tujuannya untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan bagi prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran serta menanamkan nilai-nilai kejuangan militansi semangat pantang menyerah patriotisme dan keteladanan

"Selain sebagai tradisi korp Infanteri kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki dan kemampuan fisik perorangan maupun peleton," ungkap Pangdam IX/ Udayana dalam sambutannya.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas tempur prajurit yang tergabung dalam Peleton demi terwujudnya profesionalisme prajurit infanteri," sambungnya 

Beliau mengajak seluruh prajurit mengingatkan pesan salah satu Panglima Besar jenderal Sudirman bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan di atas timbunan dan runtuhan ribuan jiwa dari  bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh siapapun juga. Pesan tersebut menandakan betapa besar dan mulianya pengorbanan yang telah diberikan oleh para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk melanjutkan tekad perjuangan mulia para pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan nasional," Sebut Mayjen TNI Harfendi.

Beliau juga menegaskan untuk mantapkan langkah guna mewujudkan Infanteri yang maju modern dan adaptif dengan cara meningkatkan kualitas diri, agar mampu menguasai berbagai kemajuan teknologi di bidang kemiliteran.

"Mari tetap berbuat yang terbaik, berani tulus dan ikhlas demi kepentingan rakyat bangsa dan negara," pungkasnya.*

(Arifin)

TerPopuler