Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga : Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Literasi dan Budaya Membaca Sangat Penting

Rabu, 13 Desember 2023, 20:40 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun -  Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga selaku Bunda Literasi Kabupaten Simalungun mengatakan, peran keluarga ataupun peran orangtua dalam peningkatan literasi dan budaya membaca sangat pentingnya bagi setiap anak, khususnya di Kabupaten Simalungun.

Hal itu dikatakan Ratnawati dalam paparannya saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Budaya Baca, Literasi pada masyarakat dan Konsolidasi Pembentukan Kepengurusan Gerakan Masyarakat Minat Baca (GPMB) Kecamatan Se-Kabupaten Simalungun.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsip Kabupaten Simalungun ini berlangsung satu hari di Gedung MUI Simalungun Jalan Asahan Km. IV Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (13/12/2023).

Pada sosialisasi ini, Ratnawati yang juga selaku Ketua GPMB Kabupaten Simalungun mangangkat materi dengan judul “Peranan Keluarga Dalam Peningkatan Literasi Dan Budaya Membaca”. 

Menurut Ratnawati, pengembangan Literasi harus dilakukan sejak dini hingga usia 5 tahun pertama. Hal ini harus diperhatikan oleh para orangtua untuk mengoptimalkan pengembangan kecerdasan dan kompetensi diri anak, seperti kemampuan berpikir kritis dan analitis. 

“Tentunya, di pada usia seperti ini, anak belum bersekolah sehingga ini memerlukan peran penting orang tua,” tandas Ratnawati.


Selanjutnya, Ratnawati menyampaikan bahwa, waktu yang dihabiskan anak bersama keluarga/orang tua setiap hari pada umumnya lebih banyak dibanding waktu anak berada di sekolah. 

Oleh karena itu, Ratnawati mengatakan, peran keluarga maupun orangtua dalam peningkatan literasi dan budaya membaca anak sangat penting.

Pada kesempatan tersebut Ratnawati juga menjelaskan, pada Tahun 2024 program kerja Bunda Literasi Kabupaten Simalungun akan melaksanakan pelantikan Bunda Literasi Kecamatan hingga Nagori dan Kelurahan.

“Bunda Literasi Kecamatan, Nagori dan Kelurahan inilah nantinya yang akan menjadi mitra kerja saya di lapangan. Dan Bunda Literasi ini akan saya lantik,” ujar Ratnawati, sembari mengingatkan bahwa jabatan adalah sebuah pengabdian demi peningkatan literasi dan tercapainya masyarakat yang sejahtera.

Turut sebagai narasumber dalam kegiatan sosisliasi tersebut, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Simalungun, Afdoli.
 
Sosialisasi itu sendiri diikuti oleh Pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Simalungun, pengurus GPMB, calon pengurus GPMB Kecamatan se-Kabupaten Simalungun dan pengurus taman bacaan masyarakat.*

(PN)

TerPopuler