Operasi Khusus Polres Simalungun Berhasil Minimalisir Balap Liar dan Tertibkan Kendaraan Ojol

Rabu, 06 Desember 2023, 23:09 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS  | Simalungun - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resor Simalungun melaksanakan operasi strong point di sepanjang jalur lintas Siantar-Parapat, Kecamatan Jorlang Hataran, Rabu (6/12/2023).

Tujuan operasi ini adalah untuk mengantisipasi adanya balap liar sekaligus melakukan penertiban terhadap kendaraan online (Ojol) yang tidak memenuhi standar operasional dan keselamatan.

KBO Sat Lantas Polres Simalungun, Ipda Arwansyah Batubara, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Simalungun. 

Dalam pelaksanaan tugas, Sat Lantas tidak hanya mengandalkan penindakan, tetapi juga melakukan pendekatan edukatif kepada masyarakat, terutama para pemuda yang sering terlibat dalam balap liar.

"Kita mengambil tindakan yang tegas terhadap balap liar karena aktivitas ini sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya," terang IPDA Arwansyah. 


"Selain itu, kami juga menertibkan kendaraan Ojol yang tidak sesuai dengan peraturan untuk memastikan keselamatan penumpang dan pengendara itu sendiri," terangnya.

Penindakan yang dilakukan termasuk pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan surat-surat kendaraan, standar keamanan kendaraan, juga penegakan aturan terkait modifikasi yang berlebihan yang kerap menjadi pemicu balap liar. 

Sedangkan bagi kendaraan Ojol, pemeriksaan diarahkan untuk memastikan kendaraan beroperasi sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan regulator.

Hasil dari operasi strong point ini diharapkan dapat mengurangi kecenderungan tingkah laku yang dapat mengganggu Kamseltibcarlantas di jalur yang sering kali menjadi lokasi balap liar. Upaya preventif dan penegakan hukum ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan bersama di jalan raya.

Kegiatan operasi ini akan terus dilakukan secara periodik dan berkelanjutan dengan harapan dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan. Polres Simalungun mengimbau kepada semua pihak untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menjadi bagian dari upaya memelihara Kamseltibcarlantas.*.

(PN)

TerPopuler