Perkosa Anak Kandung Belasan Kali, Ayah Bejat Divonis 10 Tahun

Jumat, 08 Desember 2023, 05:38 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Seorang ayah bejat IMSHD (39), pengusaha asal Jembrana Bali yang didakwa telah memperkosa anak kandung sebanyak 11 kali, divonis 10 tahun penjara.

Agenda pembacaan putusan sidang atas nama terdakwa IMSHD berlangsung pada Rabu (7/12/23) di Pengadilan Negeri Negara.

Terdakwa sebelumnya dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum, terbukti melakukan tindak pidana kekerasan seksual dengan ancaman hukuman selama 15 tahun.

Mendapat vonis yang lebih ringan 5 tahun dari tuntutan sebelumnya, penasehat hukum terdakwa dan terdakwa sendiri menyampaikan sikap pikir-pikir, begitu pula dengan penuntut umum memberi tanggapan yang sama.

Majelis Hakim Ni Gusti Made Utami mengatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yang memanfaatkan kerentanan, ketidaksetaraan atau ketergantungan anak dengan penyesatan untuk menggerakan anak melakukan persetubuhan atau perbuatan cabul.

"Terdakwa telah divonis selama 10 tahun, atas pertimbangan tertentu putusan lebih ringan 5 tahun dari tuntutan jaksa sebelumnya," katanya.

Dalam persidangan, Majelis Hakim menyampaikan bahwa terdakwa juga dikenakan biaya restitusi sebesar Rp 42.720 000 juta rupiah untuk biaya pengobatan, psikolog dan pendidikan anak.*

(Made Budi)

TerPopuler