Wakil Bupati Simalungun Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Perkemahan Apel Besar Hari Pramuka Ke-62 Kwarcab GP

Jumat, 15 Desember 2023, 18:59 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi selaku Ketua Kwartir Cabang (Ka.Kwarcab) Gerakan Pramuka (GP) bertindak sebagai Pembina upacara pada pembukaan Perkemahan Apel Besar Hari Pramuka Ke-62 Kwarcab GP Kabupaten Simalungun.

Upacara Pembukaan Perkemahan ini berlangsung lapangan Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pisdiklatcab) GP Kabupaten Simalungun di Jalan Asahan Km 6.5 Kecamatan Siantar, Simalungun, Jum'at (15/12/2023).

Upacara ini diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan Hening Cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara. Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah anggota gerakan Pramuka dari SMA Asisi.

Sementara itu untuk Pengucapan Pembukaan UUD 1945 dilaksanakan oleh Tasyah dari Gudep 273/274, Pengucapan Pancasila dilaksanakan oleh Danuansyah Nurzi dari Gudep 02243 dan Pengucapan Dasa Dharma Pramuka dilaksanakan Anisa Sianipar dari Gudep 367/368.

Pelaksanaan Perkemahan Apel besar Kwarcab GP Kabupaten Simalungun tersebut juga dalam rangka memperingati 111 Tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak Tahun 1912.

Perkemahan Apel Besar ini mengusung tema: "Dengan Peringatan hari Pramuka ke 62, "mari kita wujudkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional," ucapnya.

Dalam Sambutannya, Kepala Kwarcab GP Kabupaten Simalungun H Zonny Waldi menyampaikan, makna dari kegiatan ini, bahwa Pramuka Indonesia diharapkan bisa membangun citra positif gerakan Pramuka kedepan.

"Apalagi sejak usia Pramuka siaga, telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama dan siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan," kata Kepala Kwarcab.


Saat ini, Kwarnas Gerakan Pramuka sedang berupaya memperbaiki UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah pada era digitalisasi, yang diharapkan agar gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

Melalui perbaikan UU ini diharapkan akan dapat menjadikan gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna, dan Kwarcab GP Kabupaten Simalungun telah siap menjadi Kwarcab yang modern dan berkarakter.

Kepada Majelis Pembimbing di semua tingkatan, diharapkan agar terus memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan gerakan pramuka.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dalam rangka Pemilu 2024 mendatang, Ka Kwarcab menghimbau adik adik yang telah mempunyai hak pilih, agar melaksanakan hak pilihnya saat Pemilu sesuai dengan hati nurani masing-masing dan turut serta menjaga suasana yang kondusif.

Sebelumnya, Zulhaidir Darmawin selaku panitia melaporkan, apel besar Hari Pramuka Ke 62 Kwarcab GP Simalungun berlangsung mulai 14 hingga 17 Desember 2023, yang di bagi dalam 2 tingkatan yakni tingkat penggalang dan penegak.

Adapun jenis kegiatan yang dilakukan untuk penggalang yakni Tekpram, ketangkasan, Senin budaya dan conten creator. Sedangkan untuk penegak yakni bidang ketangkasan, conten creator (youtube), masak rimba dan tenda bipak.

Jumlah Peserta sebanyak 418 Penggalang, 318 Penegak dan 82 Pembina Pendamping dan 63 panitia, yang berasal dari 36 Gugus Depan SMP/MTs, MA/SMA/SMK. Upacara ini juga ditandai dengan penyematan  tanda peserta.*

(PN)

TerPopuler