Gelar Jumat Curhat di Masjid Jami Serbalawan Kapolsek AKP Syamsul Bahri Harapkan Komunikasi Dua Arah Antara Kepolisian Dengan Warga

Friday, January 12, 2024, 19:47 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Mesjid Jami Serbalawan menjadi saksi peluncuran Program Jumat Curhat, sebuah inisiatif dari Kapolsek Serbalawan, AKP Syamsul Bahri Dalimunthe, S.H., M.H., dalam rangka optimalisasi pelayanan publik. Kegiatan yang diadakan ini bertujuan menyediakan platform langsung bagi warga untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan saran, Jumat (12/01/2024) mulai pukul 13.30 WIB hingga selesai.

Program yang merupakan bagian dari "Quick Wins Presisi Polres Simalungun" ini direspon positif oleh jamaah dan warga sekitar Mesjid Jami Serbalawan. Kapolsek, yang baru menjabat, memperkenalkan dirinya dan mengajak kerjasama warga untuk menjaga kondusivitas di wilayah hukum Serbalawan.

Pada kesempatan tersebut, AKP Syamsul Bahri Dalimunthe, berterima kasih atas dukungan masyarakat dan menekankan kesiapan pihaknya untuk menerima segala bentuk masukan serta berkomitmen untuk menangani permasalahan keamanan, ketertiban, dan hukum yang ada. 

Ia juga memberikan nomor ponselnya kepada jamaah agar lebih mudah dalam berkomunikasi terkait masalah keamanan.

Dalam dialog yang terbuka, Kapolsek menyerukan kepada masyarakat agar bekerja sama dan turut serta aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta tidak segan melaporkan segala aktivitas ilegal seperti narkoba, judi, balap liar, dan lainnya.

Dengan mengangkat mikrofon, Kapolsek Baru Serbalawan AKP Syamsul Bahri Dalimunthe mengawali sambutannya dengan ucapan syukur dan terima kasih kepada para jamaah yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam peluncuran program Jumat Curhat.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya merasa terhormat dan bersyukur bisa berada di sini hari ini bersama-sama dengan saudara-saudara sekalian, sebagai bagian dari upaya kami di Polsek Serbalawan untuk lebih dekat dengan warga," ucapnya.


"Sebagai pengabdi masyarakat, kami di Kepolisian menyadari bahwa pendekatan langsung dengan masyarakat adalah kunci dari peningkatan kepercayaan publik terhadap Polri. Oleh karena itu, hari ini, kami memulai program Jumat Curhat sebagai wadah bagi setiap warga untuk menyampaikan segala macam uneg-uneg, keluhan, saran, dan bahkan kritik konstruktif yang secara langsung dapat kami dengar dan kami tanggapi," sambungnya.

Beliau melanjutkan, dengan menekankan perlunya komunikasi dua arah antara masyarakat dan polisi untuk menciptakan lingkungan yang lebih kondusif dan aman. "Kami berharap hubungan antara warga dan pihak kepolisian dapat terjalin lebih erat lagi melalui program ini. Stonewall atau tembok yang kadang terasa ada antara kami dan anda harus kita robohkan bersama. Saya ingin mewujudkan kepolisian yang terbuka, yang mendengarkan, dan yang responsif terhadap setiap suara dari saudara-saudara saya di Serbalawan," terangnya.

AKP Syamsul Bahri Dalimunthe juga menegaskan komitmennya dalam menindaklanjuti masukan dari masyarakat. "Setiap informasi yang saudara berikan akan sangat membantu kami dalam mengambil langkah-langkah strategis dan operasional. Tidak akan ada permasalahan yang terlalu kecil atau sepele bagi kami, karena keamanan dan ketentraman masyarakat Serbalawan adalah prioritas utama kami," ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapolsek mengajak seluruh warga untuk aktif berpartisipasi dalam program Jumat Curhat dan meyakinkan bahwa polisi selalu siap dan siaga untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. "Mari kita bangun Serbalawan yang aman dan damai, melalui kerjasama yang baik antara polisi dan masyarakat. Saya mengajak seluruh warga untuk tidak ragu berkomunikasi dengan kami, karena tugas kami adalah melayani, melindungi, dan mengayomi anda semua. Terima kasih atas perhatian dan kehadiran saudara-saudara semua. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," tutupnya.

Dengan itu, beliau turun dari mimbar sambil menyalami jamaah yang hadir dan bersiap untuk mendengarkan curhat dan masukan dari mereka. Program Jumat Curhat ini diharapkan dapat menjadi langkah maju bagi kepolisian daerah Serbalawan dalam meningkatkan kepercayaan publik dan kolaborasi komunitas.

Acara berjalan aman dan lancar dan menjadi momen yang penting bagi Kapolsek Serbalawan dalam memperkuat komunikasi dan kepercayaan publik terhadap Polri. Kapolsek juga menegaskan pentingnya menjaga suasana aman dan damai menjelang Pemilu tahun 2024, yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

Dukungan penuh diberikan oleh jamaah Mesjid Jami Serbalawan, yang hadir bersama Kapolsek Serbalawan dalam kegiatan Jumat Curhat ini, menunjukkan adanya harapan besar dari masyarakat terhadap terciptanya pelayanan Polri yang lebih optimal dan responsif terhadap aspirasi publik.*

(PN)

TerPopuler