Operasi Lilin Toba-2023 Berjalan Lancar, Polres Simalungun Jaga Kamseltibcarlantas di Pantai Bebas Parapat

Senin, 01 Januari 2024, 16:24 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun -  Pelaksanaan Operasi Lilin Toba-2023 yang digelar oleh Polres Simalungun pada Senin, (1/1/2024) berhasil menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Parapat. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., yang berlokasi di Pos Pelayanan Pantai Bebas Parapat dari pukul 07.00 WIB hingga 14.20 WIB.

Kegiatan pengamanan ini fokus pada pengaturan lalu lintas di jalur lintas Sumatera Utara dari arah Kabupaten Toba menuju Pematangsiantar, Parapat di Kecamatan Girsang Siapangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Selama operasi, tercatat jumlah kendaraan yang melintas dari Kabupaten Toba menuju Pematangsiantar mengalami peningkatan, namun masih dalam kondisi ramai lancar.

Dalam rangka melanjutkan keberhasilan Operasi Lilin Toba-2023, Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, memberikan beberapa himbauan kepada masyarakat. Beliau mengingatkan para pengendara untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keamanan dan keselamatan bersama, beberapa poin penting yang dihimbau oleh Kapolres Simalungun

"Kepada masyarakat mari Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas, para pengendara diminta untuk selalu memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu lalu lintas serta petunjuk dari petugas di lapangan. Mengabaikan rambu-rambu bisa menjadikan risiko kecelakaan.

"Gunakan Helm dan Sabuk Pengaman, selalu gunakan helm bagi pengendara sepeda motor dan sabuk pengaman bagi pengendara mobil. Alat keselamatan ini terbukti dapat mengurangi risiko cedera serius bahkan kematian saat terjadi kecelakaan," ucap AKBP Ronald.

Selanjutnya, kata Kapolres Simalungun, tidak mengemudi di bawah pengaruh Alkohol, "saya  mengingatkan bahaya mengemudi dalam keadaan mabuk. Ini bukan hanya melanggar hukum tetapi juga sangat berisiko terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain, hindari menggunakan Ponsel saat berkendara bahwa penting bagi pengendara untuk fokus penuh pada jalan dan menghindari gangguan, terutama penggunaan ponsel yang dapat memecah konsentrasi mengemudi," pesannya.

"Tetap periksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan dalam kondisi baik, termasuk memeriksa tekanan ban, lampu, dan rem dan berikan prioritas kepada pejalan kaki maka selalu berikan prioritas kepada pejalan kaki, terutama saat melewati zebra cross atau ketika ada pejalan kaki yang hendak menyeberang," tuturnya.

"Kepada kendaraan berat harus mematuhi aturan Jalur, kendaraan besar atau berat diimbau untuk menggunakan jalur khusus dan tidak mengambil jalur yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas kendaraan kecil atau sebaliknya. Kecepatan Kendaraan harus tetap diperhatikan, Jaga kecepatan kendaraan agar sesuai dengan batas yang ditentukan agar mudah mengontrol kendaraan, terutama di jalan licin atau padat," sambungnya.


"Mari kita tetap bekerjasama dalam memelihara ketertiban, saya mengajak masyarakat untuk bekerjasama dalam memelihara ketertiban umum, tidak saja dalam berkendara, tetapi juga pada saat beraktivitas di ruang publik," ujarnya.

"Kami akan tetap menindak terhadap segala bentuk tindakan pelanggaran kriminal, tindakan tegas akan diberikan kepada para pelaku pencurian seperti copet dan lain sebagainya yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat sebagai upaya penegakan hukum untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif," tegas AKBP Ronald.

AKBP Ronald F.C Sipayung selalu berharap agar masyarakat dapat bekerja sama dengan kepolisian untuk menjaga kondisi yang kondusif, sehingga kegiatan-kegiatan ke depan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Polres Simalungun tidak akan lelah mengingatkan dan menjaga agar wilayahnya tetap menjadi contoh yang baik dalam Kamseltibcarlantas.

Sementara itu Kanit Regident Sat Lantas Polres Simalungun Iptu M. Rizal memaparkan, "dapat kami sampaikan bahwa data kendaraan yang melintas pada pagi hingga siang hari menunjukkan angka sebagai berikut:
Dari Toba menuju Pematang Siantar: R2 (sepeda motor) sebanyak 3.600 unit, R4 (mobil) sebanyak 3.300 unit, dengan total 6.900 unit..Dari Pematang Siantar menuju Toba: R2 sebanyak 2.580 unit, R4 sebanyak 3.420 unit, dengan total 6.020 unit," terangnya.

Upaya pengamanan juga meliputi patroli dan penempatan personel di titik rawan kemacetan serta di berbagai tempat wisata yang dikunjungi wisatawan, terutama di objek wisata Danau Toba. "Pengamanan ini akan terus berlangsung hingga malam hari demi memastikan keamanan para pengunjung," ucap Iptu M. Rizal.

Berhasilnya operasi tersebut tak lepas dari kerja keras personel yang terlibat, meliputi Wakapolres Simalungun, para Kabag, Kapolsek, Kasat, dan anggota Polres Simalungun lainnya, yang semuanya berkomitmen untuk menekan angka kecelakaan dan memastikan Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Simalungun.

Cuaca mendung berawan yang terpantau di wilayah Kabupaten Simalungun tidak menghalangi kelancaran pelaksanaan operasi ini. Kesadaran masyarakat yang tinggi serta kerjasama dari semua pihak juga menjadi faktor penunjang keberhasilan Operasi Lilin Toba-2023.

Polres Simalungun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kerjasamanya dan berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh dalam menjaga keamanan serta ketertiban di setiap event dan kesempatan yang ada di masa yang akan datang.*

(PN)

TerPopuler