Satgas Narkoba Polres Simalungun Galakkan Sosialisasi dan Berikan Bantuan Sosial di Kampung Bersinar

Kamis, 25 Januari 2024, 20:36 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Sebuah langkah maju dalam perang melawan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Simalungun dilaksanakan oleh Satuan Narkoba Polres Simalungun, Rabu (24/1/2023).

Satgas Narkoba dengan semangat berinisiatif mengadakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan serta pembagian bantuan sosial (Bansos) ke Posko Kampung Bebas Narkoba (Bersinar) yang terletak di Nagori Moho, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi.

Acara yang dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB itu dihadiri oleh perwakilan dari berbagai pihak, termasuk Kapolsek Tanah Jawa Kompol M. Nainggolan, S.H., M.Si., yang mewakili Kapolres Simalungun, Camat Jawa Maraja Bahjambi M. Hutagaol, Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Irvan Pane, Pangulu (Kepala Nagori) Suprayogi, Ketua Maujana Srinoto P. Sinaga, Bhabinkamtibmas Jawa Maraja Bahjambi Aiptu R.Anthony F, serta personel Satres Narkoba.

Acara yang ditandai dengan pembacaan doa ini, terdiri dari pengecekan Posko Kampung Bebas Narkoba, sambutan dari Pangulu dan Camat setempat, serta kata sambutan dari Kapolres Simalungun yang diwakili oleh Kapolsek Tanah Jawa. Puncak dari acara tersebut adalah pembagian sembako kepada masyarakat setempat.

Antusiasme dan komitmen dari para peserta yang hadir sangat tinggi. Nyata dan tersemat kuat dalam setiap kata sambutan yang disampaikan. Khususnya dari Camat, Pangulu, dan masyarakat yang menyatakan keseriusan mereka untuk mendukung Narogi Moho sebagai contoh Kampung Bebas Narkoba dan siap berpartisipasi dalam mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diinisiasi oleh Kepolisian.

Inisiatif ini disambut positif oleh AKP Irvan Rinaldi Pane, S.H., Kasat Narkoba Polres Simalungun, yang merupakan salah satu arsitek di balik kegiatan konstruktif ini. Kasat Narkoba berharap sosialisasi seperti ini akan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba.


AKP Irvan Rinaldi Pane, S.H., Kasat Narkoba Polres Simalungun, menanggapi kegiatan ini dengan rasa optimisme dan keyakinan bahwa upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat berhasil melalui partisipasi aktif dari masyarakat. 

"Kesadaran warga Nagori Moho dan dukungan penuh mereka terhadap Kampung Bebas Narkoba merupakan langkah penting dalam upaya kita melawan narkoba. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat semakin mengerti pentingnya lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkoba," terang AKP Irvan Pane.

Kasat Narkoba juga menyampaikan bahwa kepolisian tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan kerjasama dari semua elemen masyarakat. "Kami berterima kasih atas respon positif ini. Saya percaya, dengan kerja sama yang solid antara kepolisian, pemerintah daerah, dan warga, kita akan mampu mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan aman bagi generasi yang akan datang," tutur AKP Pane menambahkan.

Dalam tanggapannya, AKP Pane juga menekankan pentingnya upaya berkelanjutan. "Ini hanya permulaan. Kami harus terus mengadakan kegiatan sosialisasi dan pendidikan untuk menginformasikan warga tentang bahaya narkoba. Dan lebih dari itu, kami juga perlu memperkuat sistem pendeteksian dan penegakan hukum untuk memberantas peredaran narkoba," ungkapnya.

AKP Irvan Pane berharap kegiatan sosialisasi dan penyuluhan seperti yang telah diadakan di Nagori Moho dapat dijadikan contoh dan direplikasi di lokasi-lokasi lain di Kabupaten Simalungun, dengan harapan akan tercipta lebih banyak Kampung Bebas Narkoba di masa yang akan datang.

Kegiatan ini menjadi simbol komitmen kuat aparat dan masyarakat dalam menjaga generasi mendatang dari ancaman narkoba, sekaligus menjadi bagian dari upaya untuk semakin mempererat hubungan antara kepolisian dengan komunitas di Simalungun.*

(PN)

TerPopuler