Jelang Hari Raya Galungan Kuningan dan Awal Ramadhan Polres Tabanan Lakukan Rakor

Monday, February 26, 2024, 21:39 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Dalam rangka datangnya  Hari Raya Galungan, Kuningan, Awal Ramadhan 1445 Hijriyah dan Hari Raya Nyepi Caka 1946 Polres Tabanan melakukan koordinasi dalam rakor eksternal bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, Senin  (26/2/2024).

Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H., bersama Bupati Tabanan diwakili oleh Kadishub Kabupaten Tabanan, Dandim 1619/Tabanan.,
Wakapolres Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja Putra, S.Sos., bersama seluruh Forkompinda dan FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) MDA dan  tokoh Agama.

Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan dan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan berkah, rahmat serta kasih-nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka mewujudkan sitkamtibmas yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam merayakan hari Raya Galungan, Kuningan, Taraweh Puasa pertama Umat Muslim dan Nyepi Caka 1946 tahun 2024 dalam suasana pesta demokrasi Pemilu 2024.

"Mari kita warnai tahun politik ini dengan menjunjung tinggi toleransi, saling menghormati, dan saling menghargai," tuturnya.

"Sebentar lagi umat Hindu di bali akan merayakan hari Raya Galungan pada tanggal 28 Pebruari 2024 dan Hari Raya Kuningan pada tanggal 9 maret 2024 serta hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 dan secara bersama akan bertepatan dengan hari pertama pelaksanaan puasa bagi umat muslim di kabupaten Tabanan. sebelum pelaksanaan hari raya Nyepi diawali dengan Melasti dan pengerupukan dan pada saat pengerupukan ini akan bersamaan dengan kegiatan Sholat taraweh mengawali puasa besok harinya," terangnya.

"Berharap seluruh stakeholder dan tokoh-tokoh agama tetap menjaga kebersamaan dalam perbedaan dalam pelaksanaan tawur agung kesanga dan sholat taraweh dapat berjalan seiring sejalan dilandasi dengan toleransi saling menghargai dan saling menghormati antar pemeluk agama," sambungnya.

Dalam mengantisipasi  kerawanan yang dapat timbul pada perayaan hari raya Galungan, hari raya Kuningan, dan hari raya Nyepi bersamaan dengan awal ramadhan 1445 hijriyah di daerah hukum polres tabanan akan melakukan giat kewaspadaan bersama stakeholder terkait, TNI  dan komponen masyarakat lainnya agar tidak terjadi hal - hal yang membuat terganggunya kondusivitas keamanan wilayah.*

(Deky)

TerPopuler