Kapolres Dampingi Rombongan Kapolda Bersama Forkopimda Sumut Lakukan Monitoring Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun

Wednesday, February 14, 2024, 14:41 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Sebuah momen penting dalam rangkaian penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Simalungun, terjadi pada Rabu, (14/2/2024). Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., bersama jajaran Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, melakukan kunjungan khusus untuk memantau langsung proses pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Rombongan yang tiba sekitar pukul 09.50 wib tersebut mendarat di lapangan Mako Korem 022/Pantai Timur, yang menjadi titik awal dimulainya serangkaian peninjauan. Dengan didampingi oleh Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., dan Forkopimda Kabupaten Simalungun, mereka mengunjungi TPS 001 dan TPS 008 yang terletak di gedung Cadika Nag. Dolok Marawan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Kapolda Sumatera Utara  Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi., S.H., S.I.K., M.Si.,  menyampaikan, "terdapat total 12.804 personil kepolisian yang disiagakan di seluruh Sumatera Utara, termasuk pasukan cadangan untuk daerah dengan medan sulit seperti Kepulauan Nias," terangnya.

Ia juga menambahkan, "situasi pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Simalungun hingga saat ini berlangsung aman dan terkendali," sambungnya.


Menurut Kapolda Sumut, Irjen Agung Setya Imam Effendi, tidak ditemukan daerah dengan kerawanan kecurangan atau kericuhan yang signifikan. Beliau mengapresiasi sinergi keamanan yang terjalin antara Polisi dan TNI, serta kerjasama semua pihak terkait yang telah bekerja keras mengamankan proses demokrasi ini.

"Koordinasi dan kerjasama antara TNI dan Polri merupakan faktor penting dalam menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2024," ucap Kapolda.

Sebagai informasi, total terdapat 45.875 TPS yang tersebar di seluruh Provinsi Sumatera Utara, dimana logistik pemilu telah didistribusikan, dan pemungutan suara sedang berjalan lancar. Peninjauan oleh jajaran Forkopimda ini diharapkan dapat memberikan tambahan kepercayaan kepada masyarakat bahwa proses pemilihan umum dijalankan dengan aman, jujur, dan adil.*

(PN)

TerPopuler