Satreskrim Polres Pematang Siantar Tangkap Pelaku Pembobol Rumah Dari Sei Berombang

Jumat, 09 Februari 2024, 20:32 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS  | Pematang Siantar - Satuan Reskrim Polres Pematang Siantar menangkap pelaku pencurian dengan modus pembongkaran rumah, berinisial BW (38) warga Jalan Melati, Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, pada Rabu, 31 Januari 2024, pukul 15.00 Wib.

Kejadian itu di rumah pelapor (korban) Makmur Purba (63) di Jalan Melati Kelurahan Simarito Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar yang diketahui pada Minggu, 21 Januari 2024 siang sekitar pukul 12.00 Wib .

Kejadian itu diketahui anak korban bernama Muhammad Maulana saat datang ke rumah orangtuanya (korban) di Jalan Melati hendak mengecek situasi rumah dikarenakan rumah tersebut telah ditinggalkan kosong orangtuanya sejak 1 Januari 2024.

"Saat membuka pintu, anak pelapor melihat rumah sudah dalam kondisi berantakan. Kemudian anak korban melihat kedalam kamar juga sudah keadaan berantakan. Melihat itu, anak korban menelpon korban dan menceritakan kondisi rumah korban," terangnya, Jumat (9/2/2024).

"Tidak lama kemudian korban tiba di rumahnya dan memeriksa barang-barang yang hilang dari rumahnya itu berupa uang tunai Rp.40.000.000, uang tunai 1000 Dollar amerika, perhiasan emas 12 buah, gelang seberat 40 gram, 1 gelang  emas seberat 15 gram, 2 gelang emas seberat 20 gram, 1 cincin seberat 16.8 gram, 1 cincin emas baru mustika warna ungu," ungkapnya.

Tidak terima kejadian itu korban langsung membuat laporan pengaduan ke Polsek Siantar Barat, Polres Pematang Siantar.

Mengetahui adanya kejadian itu, Kasat Reskrim Polres Pematang Siantar AKP Made Wira Suhendra, S.I.K., M.H., perintahkan Kanit Idik 1 Unit Jatanras Ipda Sahat Sinaga membantu melakukan penyelidikan. Dan pada Selasa, 30 Januari 2024 malam sekira Pukul 22.00 Wib menerima informasi pelaku pencurian itu berinisial BW namun tidak berada di Siantar lagi melainkan sudah berangkat ke Sei berombang Kecamatan Panei Hilir Kabupaten Labuhan Batu.  

Selanjutnya, pada Rabu, 31 Januari 2024 pukul 03.00 Wib, Tim Opsnal dipimpin Kanit Idik 1 Unit Jatanras Ipda Sahat Sinaga berangkat menuju Sei berombang Kecamatan Panei Hilir Kabupaten Labuhan Batu. Pukul 14.30 Wib Tim Opsnal tiba di Polsek Panei Hilir dan berkordinasi dengan personil Polsek Panei Hilir dipimpin Kapolsek Panei Hilir AKP HM. Sibarani, S.H.

Lalu sore harinya pukul 15.00 Wib Ipda Sahat Sinaga bersama Tim Opsnal berhasil menangkap pelaku BW di rumah iparnya di Gg. Aman Lingkungan 6 Kelurahan Sei Berombang Kecamatan Panei Hilir Kabupaten Labuhan Batu.

"Dari pelaku BW diamankan barang bukti 1 unit sepeda motor Kawasaki Ninja hasil dibeli dari uang hasil pencurian, 1 unit Becak Motor hasil yang dibeli dari uang hasil pencurian, 1 buah Bedcover hasil yang dibeli dari uang hasil pencurian, 10 buah emas terdiri dari 9 Gelang emas kecil dan 1 gelang emas besar serta 1 pasang Celana baju dan topi yang dipakai pada saat melakukan pencurian," tuturnya.

"Hingga saat ini pelaku BW sudah diamankan di Mako Polres Pematang Siantar untuk diproses dengan mempersangkakan melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana Pasal 363 Ayat (2) KUHPidana, dengan Ancaman maksimal 9 tahun Penjara," pungkasnya.*

(PN)

TerPopuler