Wakapolres Pematang Siantar Hadiri Pelepasan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024

Senin, 12 Februari 2024, 19:40 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Pematang Siantar - Bertempat di halaman KPU Kota Pematang Siantar, Jalan Porsea No. 3, Wakapolres Pematang Siantar Kompol Pardamean Hutahean, S.H., S.I.K., M.H., mewakili Kapolres hadiri Pelepasan Distribusi Logistik Pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan KPU Kota Pematang Siantar, Senin (12/2/2024) pagi sekira pukul 09.30 wib

Ketua KPU Pematang Santar, Muhammad Isman Hutabarat, S.Sos. dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada undangan yang telah datang. Dua hari lagi masa puncak tahapan Pemilu 2024 tepatnya 14 Februari 2024.

"Hari ini kita akan melepas pendistribusian Logistik. Dalam pendistribusian Logistik itu KPU Pematang Siantar bekerjasama dengan PT. POS Kota Pematang Siantar," ucapnya.

Isman menjelaskan, logistik akan didistribusikan dari 2 gudang KPU Kota Pematang Siantar ke 53 Kelurahan se-Kota Pematang Siantar karena sesuai peraturan perundang-undangan H-1 logistik harus sudah terdistribusi.

"Kita berharap pendistribusian bisa berjalan aman dan baik, harapan kita bersama Pemilu dapat berjalan aman, lancar dan tertib serta kita juga berharap Indonesia akan lebih baik kedepannya," pungkas Ketua KPU.

Sementara Kaban Kesbangpol Kota Pematang Siantar Ir. Ali Akbar Simamora juga menyampaikan, Pemkot Pematang Siantar menyambut baik pelaksanaan ini dan berharap Pendistribusian ini dapat berjalan lancar dan aman.

"Kota Pematang Siantar terdiri dari 8 kecamatan dan 53 Kelurahan. Diharapkan pendistribusian bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman dan baik," ucapnya.

Komisioner/Anggota Bawaslu Kota Pematang Santar diwakili Frenki Dermanto Sinaga, S.H., selaku Kordiv. Hukum, Pencegahan partisipasi Masyarakat dan Humas mengatakan, Bawaslu mengajak kita semua bersama-sama mengawasi proses pendistribusian logistik hari ini sesuai perundang-undangan yang ada.

Kemarin Bawaslu sudah melaksanakan rakor, dan berharap pengamanan logistik sampai ke Kelurahan dengan aman dan baik.

"Hari ini sampai besok beberapa tahapan sedang berlangsung, antara lain pendistribusian logistik dan pendistribusian formulir C. Pemberitahuan kepada pemilih. Berharap tidak ada lagi APK disekitar TPS dan sudah dibersihkan semua," tegas Frengki.


Kegiatan Pendistribusian Logistik Pemilu tahun 2024 dilaksanakan berdasarkan PKPU Nomor 1395 tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilu dan Surat Undangan KPU Kota Pematang Siantar Nomor : 418/PP.08-SD/1272/I/2024.

Pelaksanaan kegiatan Pelepasan Distribusi Logistik Pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan di Kantor KPU secara Simbolis/Ceremonial dimulai dari Kecamatan Siantar Timur dan Kecamatan Siantar Martoba dengan menggunakan 6 unit Mobil Mitsubishi Colt Diesel dan tambahan 2 unit mobil Mitsubishi L300.

Pendistribusian Logistik Pemilu tahun 2024 ke-53 Kelurahan se-Kota Pematang Siantar, KPU Kota Pematang Siantar bekerjasama dengan PT. POS Indonesia Kota Pematang Siantar dengan menggunakan kendaraan 7 unit truk Mitsubishi Colt Diesel 2 unit mobil tambahan dari PT. Pos Mitsubishi L300.

2 personil Satuan Samapta Polres Pematang Siantar ditugaskan melaksanakan Pengamanan dan Pengawalan setiap mobil pengangkut Logistik dan didampingi 1 orang petugas PT. Pos, staf KPU, anggota PPK dan PPS serta Pengawasan dari Bawaslu.

Personil Polres Pematang Siantar dalam melakukan Pengamanan dan Pengawalan sesuai dengan Surat perintah Nomor : Sprin/167/II/OPS.1.1.1/2024.

Setelah acara Simbolis/Ceremonial pelepasan Distribusi Logistik yang dilaksanakan di Kantor KPU Kota Pematang Siantar, selanjutnya kegiatan Pendistribusian Logistik Pemilu tahun 2024 langsung diangkut dari 2 Gudang KPU Kota Pematangsiantar yakni Jalan Medan Km. 5,6 Kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba dan Gudang Jalan Parapat Km. 5 No.153 KelurahanTong Marimbun Kecamatan Siantar Marimbun menuju Kantor Kelurahan se-Kota Pematang Siantar.

Kegiatan Pendistribusian Logistik Pemilu tahun 2024 dilaksanakan selama 2 hari, pada Hari Selasa tanggal 12 Februari 2024 dan hari Rabu tanggal 13 Februari 2024.

Adapun Logistik yang didistribusikan adalah 5 Kotak Suara yang sudah berisi surat suara dan perlengkapan untuk di TPS serta 4 buah Bilik Suara untuk setiap TPS.

Tampak hadir komisioner KPU Pematang Siantar Chucha Ashari, S.H., Divisi Teknis Penyelenggara, Nurbaiyah Siregar, S.H., Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Roy Marsen Simarmata, S.H., Divisi Hukum dan Pengawasan, Dedy Rahman Harahap, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sekretaris KPU Drs. Hermanto Panjaitan, M.Si., Staf KPU dan PPK.

Kemudian Kabag Ops Kompol Tenang Krisna Purba, S.E., S.I.K., M.M., KBO Sat Samapta Iptu Pitra Jaya, S.P., S.H., Kanit Turjawali Sat Samapta Ipda Vernando P. Sinaga, Panwascam, Kasubsi Intel Kejaksaan Pematang Siantar Lamhot E. Siburian, S.H., serta Danramil 03 Siantar Selatan Kapten Inf. Teguh Sugiono.*

(PN)

TerPopuler